tren diet
Ada berbagai tren diet yang kini dilakukan oleh para anak zaman now sebagai bagian hidup. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – melakukan berbagai tren diet merupakan kegiatan yang digandrungi oleh anak muda masa kini.

Banyak yang mencoba melakukan diet dengan mati-matian, mulai dari menjaga kesehatannya atas anjuran dokter, karena menderita penyakit tertentu, bermasalah dengan berat badannya, hingga keinginan untuk memiliki badan langsing.

Nah kali ini, Sabigaju mencoba membahas tren diet yang kini banyak diikuti oleh anak jaman now. Apa saja itu? Yuk, check this out!

BACA JUGA: Jangan Asal Percaya Saat Selebriti Promosikan Produk Diet! 

Tren Diet Keto

tren diet
Ilustrasi. (Pixabay)

Generasi masa kini kini tengah menggilai tren diet keto yang dipercaya dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Tren Diet keto menekankan pola asupan tinggi lemak, tapi rendah karbohidrat. Ia menerapkan pola makan rendah karbohidrat dan mengandalkan lemak serta protein hewani sebagai sumber energi utama dalam tubuh.

BACA JUGA: Lima Jenis Diet untuk Pria Terpopuler, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Asupan karbohidrat yang berkurang drastis ini akan menyebabkan tubuh kekurangan karbohidrat dan gula, proses inilah yang disebut dengan ketosis.

Dalam fase ketosis, tubuh secara otomatis akan beradaptasi menjadi lebih efisien. Selama tubuh berada di dalam status ketosis, tubuh akan menjadi lebih aktif dan nafsu makan lebih terkendali.

Jika kamu melakukan tren diet ini, ada baiknya untuk tetap berada di bawah pengawasan dokter ataupun ahli gizi. Sebabnya, tidak semua orang dapat menerapkan treatment diet keto untuk kesehatan.

Meski sempat menuai pro-kontra, di Indonesia sendiri, penerapan tren diet ini cukup bisa dibilang populer. Mulai dari selebriti hingga para ibu rumah tangga berlomba-lomba berdiet keto.

BACA JUGA: Hindari 5 Kesalahan Utama yang Bisa Bikin Diet Gagal Total 

Tren Diet Mayo

tren diet
Ilustrasi. (Pixabay)

Diet mayo merupakan program penurunan berat badan yang dicetuskan oleh para ahli kesehatan di Mayo Clinic, Minnesota, Amerika Serikat.

Cara kerja pelangsingan badan ini agak berbeda dari metode diet lainnya, yaitu dengan puasa garam selama 13 hari penuh. Garam di sini bisa berarti dalam arti sesungguhnya maupun makanan lain yang memiliki rasa asin.

BACA JUGA: Kontroversi Seputar Diet Ular, Berani Coba?

Hal ini dikarenakan garam dipercaya menjadi salah satu instrumen yang dapat mengikat cairan dan lemak tubuh yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Nah saat kamu melakukan melakukan diet ini, kamu juga diminta untuk mengonsumsi banyak air putih. Tak ada asupan garam berarti tidak ada lagi ‘pengikat’ air dalam tubuh.

Oleh karenanya, perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Supaya hasilnya efektif, paling tidak Anda harus berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

Tren Diet Paleo

tren diet
Ilustrasi. (Pixabay)

Tren diet paleo juga tengah digandrungi sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan.

Diet paleo merupakan salah satu tren diet dari zaman primitif namun terbukti efektif untuk membuat tubuh tetap sehat. Prinsip dari diet paleo adalah back to nature, alias kembali ke alam.

Mungkin inilah yang menyebabkan manusia jaman dulu lebih sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit.

BACA JUGA: Yuk Kenali Lebih Jauh Diet Intermittent dan Pro Kontra-nya 

Karena makanan jaman dulu masih alami dan belum terkontaminasi oleh bahan-bahan yang tidak sehat. Kita boleh makan apa saja yang disediakan oleh alam dan harus menghindari makanan olahan seperti fastfood dan junkfood.

Secara garis besar, diet ini menganut pola makan orang-orang di zaman purba. Penerapannya pun terbilang unik, para pelaku diet umumnya mengonsumsi makanan yang berasal dari alam dan proses memasaknya pun harus alami seperti dibakar, dikukus, atau direbus.

Selain itu, saat menjalankan diet ini kamu disarankan agar banyak minum air serta berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Dari berbagai tren diet kekinian di atas, kamu mau coba yang mana? (Sbg/Rig)

Comments