Tanpa Ponsel
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Travelling tanpa ponsel nampaknya sedikit mustahil untuk kita saat ini. Gimana enggak, ponsel bisa jadi penghubung jarak jauh, hiburan, pengabadi momen, hingga tools navigasi. Tapi apakah bisa kita travelling tanpa ponsel.

Sejatinya, ini adalah soal betapa travelling akan betul-betul membahagiakan jika kita melakukannya tanpa distraksi apapun. Yes, kita tau ponsel adalah distraksi paling utama dalam segala kegiatan termasuk travelling yang ditujukan untuk rekreasi.

Travelling, apalagi dengan orang terdekat, akan begitu menantang sekaligus menyenangkan tanpa ponsel.

Kamu akan full attention pada setiap momen dan pada komunikasi kamu dengan rekan travelling. Kamu akan merasa lebih engaged dengan rekan travellingmu karena hal tersebut.

Tak hanya itu, self awarness soal dunia nyata juga bakal kamu dapatkan. Kamu akan merasa, apakah tanpa dunia maya dunia kamu akan hancur? Kamu akan merasa betul-betul masuk dalam real life yang ternyata lebih menyenangkan.

Lantas, gimana caranya agar travelling tanpa ponsel bisa sukses?

BACA JUGA: Merdeka, Ini Tanah Airmu di Sini Kita Bukan Turis

Merekam momen

Duh, nanti enggak bisa update atau rekam momen di sana dong? Bisa, lah! Kamu bisa membawa kamera poket atau kamera digital lainnya sebagai ganti.

Simpan dulu, pulang travelling baru deh di update di sosmed. Lagipula kamu kan ingin fokus pada momennya, bukan pada feed dan atensi orang di sosmed soal rekreasi kamu, kan?

Navigasi

Pakai cara lama. Lagipula, aplikasi penunjuk jalan enggak jaminan kamu bakal sampai di tujuan dengan jalan yang aman dan nyaman, kok.

Lebih baik kamu tanya penduduk sekitar karena biasanya mereka lebih mengerti medannya. Atau lebih amannya, kamu bisa cari destinasi yang kamu sudah tau arah tujuannya.

BACA JUGA: Kiat Serunya Melakukan Traveling Sambil Cari Jodoh 

Hiburan

Travelling itu udah masuk hiburan, Sob. Kamu bisa menikmati perjalanan tanpa perlu sibuk ngotak-ngatik ponsel.

Atau jika membutuhkan musik, kamu bisa bawa ipod, atau yaa minimal radio di mobil. It’s enough.

Komunikasi dengan Orang

Kamu bisa kok, sehari sebelumnya menulis status bahwa dalam beberapa hari ke depan, kamu tidak akan memegang ponsel. So, jika mereka memang membutuhkanmu, mereka bisa menghubungimu sebelum atau setelah travelling.

Walau bagaimanapun, travelling tanpa ponsel adalah sebuah opsi yang harus kamu pikirkan dan siapkan dengan matang.

BACA JUGA: Kebiasaan Berhemat Bakal Bikin Kamu Makin Sering Jalan-jalan

Secara saat ini orang-orang sudah sangat lekat dengan teknologi, apalagi ponsel yang notabene banyak fungsi hanya dalam satu genggaman.

Belum lagi jika kamu adalah pebisnis atau pekerja yang rutin banget menggunakan ponsel.

So, pelajari dan pahami baik-baik apa plus minusnya jika kamu ingin travelling tanpa ponsel ya! (Sbg/Dinda)

Comments