agen perjalanan

Sabigaju.com – Musim liburan adalah saatnya para pekerja keras yang penat dengan rutinitasnya mulai merencanakan perjalanan. Baik dalam atau luar kota, dalam atau luar negeri, setiap perjalanan butuh persiapan. Dari mulai transportasi, tiket perjalanan, akomodasi hingga destinasi, adalah hal yang harus dipikirkan.

Mengatur dan merencanakan perjalanan, bagi sebagian orang, adalah hal yang seru dan menyenangkan. Namun, ada juga yang ingin lebih mudah dan yakin dengan menggunakan jasa agen perjalanan untuk menikmati liburannya. Mari simak perbandingan yang bisa jadi pertimbangan antara liburan sendiri atau pakai agen perjalanan.

1. Destinasi Wisata

Hampir setiap wisatawan pasti sudah punya beberapa alternatif tujuan wisata atau berlibur. Bisa gunung, pantai, hutan, pusat kota atau pedesaan yang jadi pilihan untuk melepas penat dan lelah. Jangan lupa menentukan kota atau tempat mana saja yang jadi tujuan, termasuk durasi kunjungan.

Semakin banyak tujuan di suatu tempat yang didatangi, tentunya semakin memakan banyak waktu. Dari sini terlihat bahwa mengatur jumlah tempat tujuan dan waktu kunjungan sangat menantang bagi wisatawan mandiri.

Agen perjalanan selalu sudah punya jadwal dan rencana yang rapi dan biasanya mencakup banyak objek wisata di suatu tempat. Hal ini memudahkan para wisatawan yang tidak mau repot dan kelewatan objek wisata khas suatu kota atau negara.

2. Biaya Perjalanan

Dari jasa dan fasilitas yang ditawarkan oleh agen perjalanan, tentunya harga jelas lebih murah jika wisatawan mengatur semua sendiri. Fleksibilitas dan kebebasan adalah hal yang jadi keuntungan untuk para wisatawan mandiri.

Selain lebih murah, para pelancong bisa mengukur sendiri kemampuan mereka dari segi biaya dan waktu perjalanan. Sebaliknya, jika wisatawan tinggal duduk manis mengikuti rencana liburan dari agen perjalanan, maka ada harga yang harus dibayar. Ini artinya, hotel lumayan mewah dan fasilitas ekstra lainnya sudah aman dan pasti dengan membayar jasa sang agen.

Hal yang berbeda antara pergi sendiri dan dengan agen adalah dari transportasi, akomodasi, makan, hingga ke urusan pemandu wisata. Merencakan pergi sendiri berarti bersiap memburu tiket dan akomodasi terjangkau dan memadai. Saat ini banyak situs dan aplikasi ponsel yang menyediakan jasa perbandingan hingga pemesanan tiket dan hotel.

3. Dokumen dan Kelengkapan Administrasi

Untuk liburan ke luar negeri, tentunya ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan seperti paspor dan visa. Warga negara ASEAN yang berkunjung ke salah satu negara anggota, visa bukanlah masalah, jadi tinggal siapkan paspor saja. Beberapa negara non-ASEAN bahkan memudahkan perjalanan tanpa visa bagi pemilik e-paspor.

Para wisatawan mandiri harus teliti dan tekun mempelajari dan melengkapi dokumen apa saja yang diperlukan untuk membuat visa. Hal ini termasuk datang dan mengurus pembuatan visa ke kedutaan atau agen visa negara terkait.

Lain hal dengan menggunakan jasa agen, para wisatawan tinggal melengkapi dokumen dalam daftar untuk diurus oleh agen. Beberapa negara bahkan tidak perlu kehadiran pemilik paspor untuk keperluan biometriks dan wawancara. Artinya, pembuatan visa bisa diwakili dan tidak memakan waktu atau energi si calon wisatawan.

4. Atraksi dan Antrian

Menggunakan jasa agen perjalanan memudahkan wisatawan untuk mendapatkan akses ke atraksi tanpa mengantri. Kanal dan jaringan wisata antar agen di berbagai tempat juga memberikan diskon dan kemudahan lainnya untuk pembelian tiket. Saat tiba di lokasi atraksi, bahkan anggota grup agen perjalanan memiliki jalur masuk khusus tanpa antri. Semua ini tentunya kembali pada harga yang telah dibayarkan di awal perjalanan kepada sang agen

Wisatawan mandiri tentunya harus menelan kenyataan bahwa mereka akan berhadapan dengan urusan tiket dan antrian atraksi. Hal ini bisa diantisipasi atau diminimalisir dengan mengecek tiket atraksi secara online sebelum keberangkatan. Beberapa situs atraksi juga memberikan diskon untuk pembelian awal dan online atau grup. Tidak jarang pula ada tawaran akses khusus bagi wisatawan yang membeli tiket online atau saat musim tertentu.

5. Rekan Seperjalanan

Hal yang juga jadi pertimbangan dalam memilih rencana perjalanan adalah orang yang akan ditemui selama liburan. Kecuali Anda memesan satu grup besar untuk keluarga atau teman, wisatawan pasti akan bertemu dengan orang baru. Berwisata menggunakan agen tentunya akan mempertemukan antar peserta grup secara resmi dan terdaftar sejak awal hingga akhir perjalanan.

Untuk jiwa yang senang bersosialisasi, tidak akan jadi masalah besar baik jika ia pergi dengan agen perjalanan atau sendiri. Biasanya orang dengan tipe ramah dan mudah bergaul akan mudah bertemu dan berteman dengan orang baru. Sementara untuk penyendiri dan ingin menikmati waktu pribadi, maka pergi tanpa agen perjalanan adalah pilihan terbaik. (Sbg/Nvl)

Comments