Travel Light
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Salah satu tren wisata yang kini dianut para pecinta jalan-jalan kekinian adalah travel light. Gaya wisata jenis ini mengutamakan seseorang untuk membawa kebutuhan penting semata agar menikmati momen berwisata.

Kendati demikian kamu tidak boleh abai membawa barang-barang kebutuhan yang penting. Kamu tetap membawa barang-barang penting tersebut agar bisa berhemat selama traveling. Ukuran dan pengemasannya harus diperhatikan secara cermat supaya tidak merepotkanmu.

Lantas apa saja sih yang kamu perlukan untuk menerapkan gaya praktis travel light? Simak ulasannya yah gaes!

BACA JUGA: Ingin Menikmati Liburan di Musim Hujan, Siapkan Ini!

Siapkan Tas yang Tepat

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk menerapkan travel light adalah Memilih tas.

Sebaiknya kamu memilih tas ransel berukuran sedang. Tas ini paling tepat untuk traveling light agar kamu tidak repot menata sejumlah barang bawaan.

Kamu tinggal mengepak barang-barang secara terpisah sebelum memasukkannya ke ransel. Nantinya, ransel pun bisa dibawa bepergian ke mana saja tanpa harus repot menenteng tas tambahan lainnya.

Dengan begitu risiko barang bawaan tercecer dan hilang pun dapat diminimalkan.

Packing Secara Praktis

Packing secara efektif adalah kunci utama l dari travel light! Lantaran hanya membawa satu tas maka sebaiknya kamu membawa beberapa helai pakaian berwarna netral yang bisa digunakan selama dua hari.

Dengan demikian, kamu bisa mengurangi setengah jumlah pakaian yang harus Anda bawa selama traveling.

Sedang untuk urusan perlengkapan kebersihan, sebaiknya bawalah produk dalam ukuran kecil yang kemasannya tidak lebih dari 100 ml.  Sisa kapasitas dalam tas Anda bisa dimanfaatkan untuk barang-barang penting lainnya.

Agar bisa packing berjalan dengan efektif, kamu harus tetap fokus untuk hanya membawa perlengkapan yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Agar Liburan Open Trip Menyenangkan dan Tak Terlupakan 

Terapkan Prinsip Trilogi

Jika kamu ingin menerapkan travel light untuk perjalanan dalam waktu cukup lama maka sebaiknya menerapkan prinsip trilogi!

Dengan prinsip ini kamu cukup membawa tiga buah dari setiap pakaian yang ingin kamu bawa. Misalnya (tiga baju, tiga celana, dan tiga pasang pakaian dalam).

Nah, pakaian yang kamu bawa itu digunakan dengan siklus satu untuk dipakai, satu untuk dicuci dan satu lagi untuk dikeringkan. Dengan terus mengulang siklus itu setiap harinya saat sedang travel, kamu nggak perlu khawatir akan kehabisan pakaian bersih.

BACA JUGA: Aktivitas Liburan Lebih Membahagiakan Ketimbang Pernikahan 

Pisahkan Barang-Barang Penting

Biar nggak repot repot bolak-balik bongkar ransel, siapkan tas selempang untuk menaruh barang-barang penting selama perjalanan seperti menyimpan smartphone, dompet, kelengkapan identitas (KTP dan paspor), charger, dan barang-barang penting lainnya.

Kenakan tas selempang pada posisi aman supaya mudah dijangkau dan terhindar dari tindak kriminalitas.

Dengan menerapkan gaya travel light,  kamu bisa menikmati perjalanan seru tanpa barang bawaan yang merepotkan serta hemat biaya bagasi. (Sbg/Rig)

Comments