Sabigaju.com – Tokoh Captain America merupakan tokoh yang melukiskan semangat dan idealisme Amerika Serikat. Tokoh ini juga dengan cepat diterima oleh masyarakat dunia, apalagi diperankan oleh aktor tampan Chris Evans. Tak hanya aktornya, kostum Captain America juga ternyata banyak disorot penggemarnya.

Baca juga: Begini Penampilan Para Avengers Sebelum Gabung MCU

Selama sepak terjang Captain America di dunia komik sejak 1941 hingga saat ini, superhero berdarah Amerika tersebut sudah berganti kostum sebanyak puluhan kali. Nah, rupanya hal yang sama juga terjadi dalam versi film. Dalam 6 film yang dibintangi oleh Captain America, yaitu ‘Captain America: The First Avenger’, ‘The Avengers’, ‘Captain America 2: Winter Soldier’, ‘The Avengers 2: Age of Ultron’, ‘Captain America 3: Civil War’ serta yang terbaru yaitu ‘Infinity War’, rupanya Captain America sudah acapkali berubah kostum.

Kostum Captain America Pertama

Kostum ini merupakan kostum awal Captain America. Kostum ini diperuntukkan untuk promosi pada masa perang dunia. Kostum ini muncul dalam film ‘Captain America: The First Avenger’. Kostum ini terinspirasi dari desain pertama Captain America yang diterbitkan pada tahun 1941. Namun, karena tameng yang digunakan terlihat terlalu mirip dengan simbol milik tokoh komik lain, yaitu Shield terbitan MLJ Comics (sekarang Archie Comics), illustrator Captain America yaitu Jack Kirby kemudian mengubah tamengnya menjadi bulat pada edisi kedua.

Dalam Film ‘The Avengers’

Kostum ini merupakan sebuah kostum yang berwarna sangat cerah. Kostum ini merupakan upaya memodernisasikan kostum klasik Captain America agar terlihat semakin apik di layar lebar. Kostum ini digunakan oleh Captain America dalam film ‘The Avengers’.

Dalam Film ‘The Winter Soldier’

Kostum ini merupakan kostum yang digunakan oleh Captain America dalam film ‘The Winter Soldier’. Berbeda dengan kostum Captain America sebelumnya, pada kostum ini terdapat penambahan sayap di logo dada Captain America. Kostum ini dipenuhi warna biru gelap dan terlihat sangat modern dengan motif garis-garis dan bintang yang berwarna putih sederhana. Beberapa pecinta Captain America bahkan sepakat bahwa kostum ini adalah kostum terkeren yang pernah digunakan oleh Steve Rogers maupun Chris Evans.

Film ‘Civil War

 

Dalam film ‘Civil War’, mulai terdapat banyak detail yang terpasang pada kostum Captain America. Secara desain, kostum ini masih dilandaskan dari stealth uniform, namun dilengkapi dengan aksen merah-putih-biru sebagai ciri khas Captain America. Kostum ini memiliki kerah yang lebih kecil dan warna merah yang lebih sedikit. Pada bagian dada kostumnya memiliki tekstur sisik seperti kostum klasik Captain America.

Film ‘Infinity War’

Kostum Captain America juga berubah pada film terbaru Avengers yaitu ‘Infinity War’. Captain America diceritakan telah melepas perisai atau tameng andalannya usai perkelahian dengan Tony Stark pada ‘Civil War’. Steve Rogers juga kemudian bergabung dengan King T’Challa dari Wakanda untuk memperoleh perisai baru dan kostum berbeda yang ia kenakan. Perisai tersebut merupakan perisai vibranium yang akan digunakan oleh Captain America untuk menghentikan invasi Thanos di Wakanda. (Sbg/Van)

Sumber foto: Wikia.com
Comments