tetap waras meski berdiam di rumah
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Sejak aturan Physical distancing diserukan, banyak orang merespons imbauan tersebut dengan sukacita. Namun demikian hal itu ternyata tidak mudah untuk diterapkan.

Jika sebelumnya masyarakat bisa jalan-jalan atau nongkrong selepas jam kantor atau kuliah, selama masa physical distancing ini semua kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan.

Lantaran itulah, tak sedikit orang yang dirundung rasa jenuh, bosan, hingga stres. Nah, supaya kamu yang menjalani physical distancing tetap waras, berikut ini beberapa kiat yang bisa dicoba.

BACA JUGA: Alasan Masyarakat Masih Bandel Keluar Rumah Saat Pandemi

Berolahraga

Agar tetap waras di masa Physical distancing ini kamu memanfaatkannya untuk rutin melakukan olahraga. Kamu bisa mengganti waktu perjalanan rutin ke kantor atau kampus yang tidak terpakai saat ini untuk kegiatan tersebut.

Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan tak mesti berat. Pilih saja yang ringan dan bisa dilakukan di dalam rumah. Contoh, senam atau yoga. Bila masih bingung, Anda bisa temukan referensinya di Youtube.

Dengan begitu, hormon endorfin akan meningkat sehingga membantu Anda menangkal stres yang bisa menurunkan fungsi sistem imun.

BACA JUGA: Gaes, Hindari Sederet Perilaku Covidiot Berikut Ini

Terkoneksi

Biar kamu tetap waras di saat ini baiknya kamu tetap terkoneksi dengan teman dan kerabat lewat panggilan suara, chat, maupun video call untuk mengusir kejenuhan.

Dengan begitu kamu bisa mengobati rasa rindu akibat tak jumpa beberapa waktu. Di awali dengan menanyakan kabar, biasanya akan tercipta obrolan seru. Jadi, manfaatkanlah momen untuk saling menguatkan di tengah pandemi ini.

BACA JUGA: Sampai Gosong Sekalipun, Berjemur Tidak Mematikan Corona

Mendengarkan Musik

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan agar tetap waras disaat Pandemi adalah dengan mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa bikin pikiran kamu jadi asik. Tak sedikit penelitian membuktikan manfaat musik bagi kesehatan pikiran.

BACA JUGA: Kacamata Bisa Jadi APD Saat Pandemi Corona 

Selain itu, dalam hal mengurangi stres, riset berjudul The Effect of Music and the Human Stress Response membuktikan bahwa musik mampu melakukannya.

Lewat penelitian yang digagas  Myriam Thoma dan rekan-rekan peneliti dari University of Zurich menemukan, musik berpengaruh positif terhadap sistem saraf pusat sehingga ampuh meredakan stres.

Malahan, efek tersebut dianggap lebih cepat dan efektif dibandingkan suara hutan atau gemercik air yang dipercaya menenangkan. Dengan begitu, masa karantina yang terasa membosankan bisa jadi menyenangkan, bukan?

Tetap waras dan stay safe at home saat pandemi COVID-19 ini. (Sbg/Rig)

Comments