Alat Olahraga
Ada begitu banyak alat olahraga yang dijual secara online. apapun jenis olahraga pilihan Anda belinya di Bukalapak saja. Olahraga jadi lebih menyenangkan, belanjanya terasa nyaman. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Bagi seorang atlet memiliki alat olahraga adalah keharusan. Tanpa fasilitas yang memadai berolahraga akan terasa menyulitkan.

Namun bagi yang hobi berolahraga dan bukan atlet profesional, yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah memilih jenis olahraga yang sesuai.

Tips Sukses Berolahraga

Olahraga adalah bagian dari aktivitas sehari-hari. Mungkin tidak semua orang mau dan mampu meluangkan waktu khusus untuk berolahraga.

Tujuan berolahraga pada umumnya adalah membantu kelancaran metabolisme tubuh, memperkuat bagian tubuh tertentu dan melatih otot-otot tubuh agar lebih lentur. Orang yang rajin berolahraga rata-rata memiliki berat badan tubuh ideal, tidak mudah terserang penyakit dan kondisi organ-organ tubuhnya lebih baik.

Bagi seorang atlet, menekuni olahraga bertujuan untuk meraih prestasi. Kecintaannya pada olahraga mampu menjadikan olahraga bagian dari hidup. Beberapa atlet malah mampu menjadikannya sumber mata pencaharian.

Keberhasilan seseorang dalam berolahraga, atau meraih prestasi dalam bidang olahraga ditentukan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Bakat dan minat

Tanpa bakat berolahraga seseorang yang berniat menjadi atlet mungkin akan kesulitan meraih prestasi. Untuk itulah perlu menentukan cabang olahraga yang tepat dan sesuai dengan bakat dan minat.

2. Alat olahraga

Alat olahraga yang tepat juga menentukan kesuksesan dalam berolahraga atau meraih prestasi dalam berolahraga. Alat olahraga yang mudah rusak mungkin akan mengurangi kualitas latihan.

3. Kesungguhan dan niat berlatih

Tanpa niat yang kuat dan kesungguhan serta rutinitas berlatih kesuksesan dalam berolahraga akan sulit diraih.

Seorang atlet tenis meja  perlu latihan berbulan-bulan hingga akhirnya bisa menjadi atlet jempolan.

4. Dukungan orang-orang dekat

Tanpa dukungan orang-orang dekat seseorang yang punya bakat dan minat menekuni olahraga tertentu mungkin akan mengalami penurunan minat.

Berbeda jika mendapat dukungan dari orang-orang dekat, ketika mungkin semangatnya sedang surut bisa mendapat suntikan dukungan sehingga kembali bersemangat.

5. Target dan ukuran kemampuan

Ketika berniat meraih sesuatu seseorang biasa memasang target tertentu. Begitu juga ketika berolahraga. Seorang pelari mungkin memasang target untuk bisa mematahkan catatan waktunya sendiri.

Ketika berolahraga untuk meraih berat badan ideal dengan latihan otot perut, secara bertahap gerakan sit up, push up dan squat punch mungkin diharapkan bisa meningkat sedikit demi sedikit.

Orang yang menekuni tenis meja perlu memasang target apakah ia akan menekuni nomor single atau menambah kemampuan untuk bermain di double.

Tips Memilih Alat Olahraga

Alat olahraga adalah salah satu yang menentukan keberhasilan dalam berolahraga. Berikut ini adalah tips memilih alat olahraga yang tepat:

1. Sesuaikan dengan anggaran

Tidak perlu terlalu terpaku pada merk. Merk yang mahal memang jaminan mutu. Tetapi jika berolahraga memaksakan membeli alat olahraga yang terlalu mahal mungkin akan mengganggu anggaran rumah tangga untuk keperluan lain yang lebih penting

2. Sesuaikan dengan keperluan

Beberapa olahraga dilakukan dengan tujuan secara bertahap. Misalnya untuk latihan otot ada barbel dengan ukuran berat yang bertahap dan berbeda-beda sesuai dengan kemampuan otot lengan.

3. Terasa nyaman

Untuk olahraga tertentu orang cenderung menyukai merk tertentu dan tidak mudah berpindah pilihan.

Misalnya alat pemukul bola untuk tenis meja , jika sudah merasa nyaman dengan merk tertentu, dari segi pas ketika dipegang dan diayunkan maka tidak perlu berganti ke merk lain.

Kini alat-alat olahraga dijual secara online. apapun jenis olahraga pilihan Anda belinya di Bukalapak saja. Olahraga jadi lebih menyenangkan, belanjanya terasa nyaman.

Comments