Sabigaju.com – Pertemanan adalah hal yang penting dan mesti dijaga dimana pun, tidak terkecuali di dunia kerja. Menjalin persahabatan dengan teman kantor memang agak berbeda dengan berteman biasanya. Apalagi di kantor kamu akan menemukan yang namanya persaingan, gosip bahkan politik kantor.

Padahal menurut riset, menjalin pertemanan di kantor dapat memperlancar pekerjaan loh. Mengapa? Karena teman kantor adalah salah satu faktor paling penting untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan secara menyeluruh dalam pekerjaan, seperti yang dilansir laman Elle.

Nah, itu kenapa menjalin hubungan baik dengan teman kantor sangat diperlukan. Apalagi untuk menghindari politik kantor yang sewaktu-waktu bisa merusak pertemanan dan membuat pekerjaan bermasalah. Hasil penelitian yang dirilis oleh Lembaga bisnis Accounttemps menyatakan bahwa 18% minimal dari waktu kerja yakni sekitar sembilan minggu dalam setahun dihabiskan untuk mengatasi konflik seperti politik kantor di antara pekerja.

BACA JUGA: Survey: 75 Persen Generasi Millennials Tak Loyal dengan Kantornya

Politik kantor sendiri merupakan persaingan yang bertujuan untuk mencari keuntungan pribadi dan akan ada pihak yang dirugikan. Entah seperti apa bentuk dan caranya, istilah teman makan teman atau sikut-sikutan antar pekerja pasti terjadi dalam prosesnya.

Untuk itu, kamu harus paham bagaimana cara membangun relasi yang baik dengan teman kantor agar menghindari politik kantor yang dapat merusak pertemanan. Berikut beberapa langkahnya:

Mengasah kemampuan berkomunikasi dan interpersonal

Berada di satu kantor tentu memiliki teman yang berbeda latar belakang, usia dan kepribadian. Setiap perbedaan tersebut tentu memiliki treatment yang berbeda-beda saat beromunikasi. Itu mengapa kamu harus pintar dan terus mengasah kemampuan berkomunikasi antar teman kerja. Dengan begitu, kamu bisa mengasah kemampuan interpersonal dalam berteman, membina hubungan hingga menjadi pendengar yang baik untuk teman kerja.

Update kondisi kantor

Masalah yang ada di kantor bukanlah hanya masalah pekerjaan. Namun ada beberapa masalah umum yang terjadi. Untuk itu kamu harus update dan tahu situasi kantor saat ini seperti apa. Tujuannya bukan untuk menggosip tetapi lebih kepada mengetahui kondusifnya kantor tersebut. Hal ini untuk menghindari kamu salah informasi dan bisa menyeleksi informasi yang kamu dapat.

Jangan memilih teman, bertemanlah dengan siapapun

Penyakit yang biasa dihadapi di suatu kantor atau dimana pun itu adalah berkelompk atau geng-gengan. Nah, ini yang meski kamu hindari. Boleh dekat dengan siapa pun di kantor namun tetap berbaur. Jangan memilah-milih dengan siapa kamu berteman. Karena posisi apapun di kantor memiliki peran masing-masing yang dapat saling melenkapi dan mendukung pekerjaan kamu. So, jangan diskriminasi yah!

Jangan menjadi orang yang tertutup

Salah satu cara membangun pertemanan yang kuat adalah dengan saling terbuka antar teman. Hal ini bisa membuat teman merasa penting dan dipercaya. Selain kamu bisa meringankan sedikit masalah dengan bercerita dengan teman, kamu juga harus membuka diri jika teman kamu membutuhkanmu sebaliknya. Tapi kamu jangan bocor yah dan bisa jaga kepercayaan yang diberikan.

Pintar membaca karakter teman

Membaca karakter teman memang bukanlah perkara mudah. Namun, dengan mengetahui sedikit bagaimana karakter teman-temanmu di kantor, kamu bisa waspada dan berhati-hati dalam bersikap dengan mereka. Bukan berarti kamu harus menjauhinya yah, hanya cukup tahu bagaimana orang tersebut.

Sportif

Sikap sportif saat dibutuhkan antar pekerja. Jangan karena persaingan lalu kamu tidak memiliki sikap sportif dengan teman. Hal ini bisa memperburuk pertemanan dan membuat pekerjaa kamu terhambat. Persaingan yang diciptakan sebetulnya untuk memotivasi dalam meningkatkan kinerja, bukan untuk saling bermusuhan.

BACA JUGA: Virtual Office: Kerja Kantoran Tanpa Harus Punya Kantor

Jangan jatuhkan teman kamu

Miliki ambisius boleh-boleh saja. Namun jangan sampai untuk mencapai target lalu kamu menghalalkan segala cara. Apalagi dengan menjatuhkan teman demi keuntungan pribadi, hindari hal tersebut jika tidak ingin bermasalah di kantor.

Belajarlah dengan siapapun

Biasanya jika kamu sudah lama di kantor dan miliki junior atau teman baru, kamu gengsi utuk belajar atau sharing mengenai pekerjaan. Siapa tahu mereka lebih berpengalaman daripada kamu. Jadi jangan malu untuk belajar dengan siapapun. Toh, menambah ilmu dan wawasan bisa didapat dari siapa dan dimana saja.

Professional

Jika kamu sudah menjalan semua langkah di atas, belum lengkap jika kamu tidak memiliki sikap professional. Selesaikan tugas kamu dengan maksimal meski kamu harus melakukannya dengan teman yang tidak kamu sukai di kantor. Jangan sampai masalah pribadi tersebut membuat pekerjaan terbengkalai. (sbg/Aqiyu)

Comments