Perencanaan keuangan seringkali menjadi hal yang diabaikan, termasuk oleh para pria single. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Perencanaan keuangan seringkali menjadi hal yang diabaikan, termasuk oleh para pria single. Maksud hati ingin hidup berkecukupan, kebiasaan tidak tertib mengatur keuangan ternyata justru akan berdampak buruk untuk persiapan masa depan.

Untuk itu, jauh lebih baik jika kamu mulai mempersiapkan dana sejak dini. Jangan tunggu hingga kamu kelimpungan dan merasa kekurangan mendapatkan dana.

Berikut ini adalah beberapa tips  dari Sabigaju yang dapat kamu terapkan untuk  mengatur keuangan dengan  efisien. Cek yah!

BACA JUGA:

 

Untuk Mengatur Keuangan, Pelajari Dulu Seluk Beluk Kartu Kredit

Akan jauh lebih baik jika kamu mempelajari lebih dahulu seluk beluk kartu kredit serta bagaimana implikasi yang akan kamu dapatkan nantinya. Jika memang kamu masih merasa belum siap secara finansial, sebaiknya kamu jangan gegabah untuk langsung mengajukan aplikasi kartu kredit.

Terutama jika kamu belum membagi pendapatan yang diperoleh dalam alokasi terkait. Untuk itu, cobalah untuk mempersiapkan diri dengan matang secara finansial dan tata kelola keuangan agar kamu terhindar dari penggunaan kartu kredit di luar kewajaran.

Persiapkan Dana Darurat Sejak Dini

Dana darurat adalah dana yang tidak dapat diduga besaran jumlahnya serta tidak dapat diketahui kapan akan dibutuhkan. Untuk itu, akan sangat jauh lebih baik jika kamu mempersiapkan dana darurat sejak dini yang berasal dari sebagian pendapatanmu.

Ini merupakan sebuah keputusan yang bijak. Ambillah sekitar 5-10% dari pendapatan bulananmu serta pastikan dana tersebut tidak akan kamu sentuh sampai memang benar-benar kamu butuhkan. Pada kemudian hari, kamu pun akan mendapatkan manfaat yang baik, seperti rasa aman terhadap posisi keuanganmu.

Tidak Perlu Bernafsu Membeli Mobil Baru

Barangkali penghasilanmu sudah cukup besar sehingga kamu merasa sanggup untuk membayar uang muka cicilan mobil baru. Tetapi, pikirkanlah, apakah kamu sudah memikirkan cicilan dan rencana pengeluaranmu di masa yang akan datang?

Sebaiknya, kamu mulai memikirkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lebih penting seperti konsistensi tabungan, dana asuransi, kebutuhan sehari-hari serta rencana untuk membeli tempat tinggal.

Menabung untuk Masa Pensiun

Selain menabung untuk dana darurat, menabung untuk dana pensiun juga sangat penting untuk dimulai sejak dini. Tujuan dari tabungan dana pensiun ini adalah kamu dapat meringankan beban keuangan ketika kamu tidak dapat lagi bekerja di masa tua nanti.

Besaran jumlah dana yang disisihkan untuk tabungan pensiun adalah minimal lima persen dari penghasilan bulananmu.

Menjadi Bijak dalam Berhemat

Perhatikanlah bahwa hemat bukan berarti pelit. Kamu perlu untuk mengatur pengeluaran dengan bijak.

Cobalah untuk mulai memprioritaskan pengeluaran untuk hal-hal yang penting dan krusial dalam hidupmu serta usahakan untuk mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang dapat kamu tunda untuk dikejar. Susunlah daftar prioritas dan selalu usahakan untuk memenuhi kebutuhan yang penting terlebih dahulu. (Sbg/Vania)

Comments