Mobil Terendam Banjir
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Tidak hanya meluluh lantakan wilayah Jabodetabek, banjir besar yang terjadi sejak Rabu (1/1) lalu juga membuat begitu banyak mobil terendam banjir atau bahkan hanyut.

Nah,  banjir bisa menyebabkan kendaraan mengalami kerusakan. Lantas bagaimana menangani mobil yang  terkena banjir?

Agar tak berdampak besar, ada beberapa tips untuk pemilik mobil yang terendam banjir.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda!

Penanganan untuk Mobil

Jika mobimu terendam banjir, sebaiknya jangan langsung dinyalakan, meskipun banjir sudah mulai surut.

Hal ini karena setiap kendaraan yang terendam banjir pasti mengalami beberapa masalah di sejumlah bagian. Dan, jika dipaksa menyala maka kemungkinan besar akan terjadi korslet pada bagian kelistrikan.

Nah, kamu disarankan untuk melepaskan kabel aki untuk mencegah terjadinya korsleting. Ketika banjir telah surut dan kemudian ingin memindahkan mobil, maka pindahkanlah dengan cara mendorongnya dan jangan sesekali menyalakan mesin mobil terlebih dahulu.

BACA JUGA: Banjir di Jakarta Jadi Sorotan Dunia Internasional 

Perhatikan Rem Tangan

Selain itu, salah satu kasus yang sering terjadi adalah rem tangan macet. Gejalanya, ketika rem tangan dibebaskan ternyata roda masih terjepit.

Mobil pun sulit bergerak. Jika kendaraan dipaksa untuk maju maupun mundur, roda terasa sangat berat.

Pemilik mobil yang terendam banjir disarankan untuk bebaskan tuas rem tangan. Pada umumnya, rem tangan lengket terjadi karena ada air masuk ke permukaan tromol.

Baik karena melibas genangan maupun karena kendaraan terendam banjir.

Efek air masuk ini makin buruk jika kendaraan langsung diparkir dan rem tangan diaktifkan.

Sebab, sepatu rem yang mengering dalam keadaan aktif (menjepit), biasanya akan tetap menempel dengan tromol (lengket). Inilah yang memicu ban macet meskipun rem tangan dibebaskan.

Untuk menghindari kasus seperti ini, sebaiknya jika hendak parkir dalam waktu berhari-hari, pastikan permukaan rem kering.

Jika tidak memungkinkan, jangan menggunakan rem tangan. Cukup dengan memarkir mobil dalam kondisi gigi persneleng masuk gigi. Atau, pada mobil matik cukup dengan memposisikan persneling ke P.

Lama Perbaikan

Untuk mengatasi mobil yang terkena banjir, waktu penanganannya juga berbeda-beda.

Bahkan untuk mobil yang terdampak banjir, lama perbaikannya bisa mencapai satu bulan. Namun, jika di wilayah tersebut banyak mobil yang juga terendam banjir, bukan tak mungkin waktu pengerjaannya bisa lebih lama.

Itu pun dengan asumsi spare part ada. Sebab, kalau banjir berarti (banyak mobil yang kena) dan semua spare part kena, sedangkan tidak semua spare part fast moving. Artinya ketersediaannya terbatas.

BACA JUGA: Aplikasi Keren Pemantau Banjir yang Mesti Kamu Download

Perhatikan Bagian Interior

Sementara untuk bagian interior mobil yang terendam air banjir harus dibersihkan secepat mungkin agar tidak merusak bagian seperti karpet ataupun jok mobil.

Jangan sampai kotoran yang ada menempel akan menjadi jamur atau karat. Untuk itu segera cuci dan keringkan dengan baik guna mencegah munculnya aroma tak sedap di dalam mobilmu.

Namun, untuk membersihkan bagian interior mobil ini biasanya membutuhkan tempat khusus cuci mobil. Lagi-lagi, bengkel variasi menjadi tempat yang cocok untuk service bagian interior mobil ini.

Untuk mengeringkan dan membersihkannya bagian interior mobil yang terendam banjir pastinya membutuhkan waktu dan biaya yang cukup lumayan lho sob. (Sbg/Rig)

Comments