Bisnis sendiri
Ada hal-hal penting yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk membangun bisnis sendiri. (Foto: Pexels)(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Ada kalanya, pegawai jenuh dengan pekerjaan, atau mungkin mulai tak satu visi dengan perusahaan tempatnya bekerja dan memiliki keinginan untuk membangun bisnis sendiri.

Namun untuk mewujudkan impian memiliki bisnis sendiri, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengundurkan diri dari tempat kerja, dan mengubah haluan menjadi wirausaha.

Modal sudah barang tentu menjadi kebutuhan paling utama dalam memulai usaha. Selain itu sikap jujur, disiplin, dan kerja keras menjadi kunci kesuksesan bagi seseorang dalam menjalankan usahanya.

Nah, kali ini Sabigaju mau bagi tips buat kalian yang mau membangun bisnis sendiri. Simak infonya yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ini.

BACA JUGA:

 

1. Cari dan Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri: hal apakah yang Saya sukai? Sebagai contoh, jika kamu menyukai kopi dan ingin menggeluti segala hal yang berkaitan dengan kopi, kamu dapat mulai dengan mengikuti pelatihan sebagai barista.

Setelah itu, kamu akan memiliki bekal untuk mulai mengembangkan bisnis sendiri. Modal ini dapat menjadi awal untukmu mendirikan sebuah coffee shop.

Dengan menyukai hal yang kamu geluti, kamu tidak akan mudah bosan sehingga justru akan merasa tertantang untuk menemukan hal-hal baru dalam pekerjaanmu.

Perluas wawasanmu dengan bertukar pikiran dan belajar dari komunitas-komunitas bisnis kopi sehingga kamu dapat mendapat pelajaran dari mereka.

2. Belajar dari Kesalahan

Saat mendapat masalah, cobalah untuk menyimpan catatan rinci masalah tersebut. Sebagai contoh, kesalahan saat transaksi.

Catatan rinci mengenai masalah tersebut akan membantumu mengetahui kondisi finansial serta potensi dan tantangan apa yang akan kamu hadapi. Hal ini kemudian akan berkembang menjadi strategi bisnis kamu sendiri yang membantu mengatasi tantangan tersebut.

Selain itu, perbaikilah kesalahan-kesalahan yang terjadi sehingga tidak lagi terjadi di kemudian hari.

3. Cari Mitra untuk usaha Bisnis Sendiri yang Sesuai

Carilah mitra bisnis yang memiliki visi misi sama denganmu. Dengan demikian, ia juga akan merasa ‘memiliki’ usahamu dan menjaga usaha bersama kalian dengan sepenuh hati.

Saat memiliki mitra, kamu juga akan memiliki teman untuk berbagi suka dan duka saat kamu menjalankan bisnis sendiri.

Kamu juga akan merasa lebih mudah dalam mengumpulkan modal, serta memiliki kerja sama tim. Relasi bisnismu juga akan semakin bertambah.

4. Ukur Kompetisi

Salah satu cara terbaik dalam berbisnis adalah mempelajari serta belajar dari pesaingmu. Ketika menghadapi pesaing, belajarlah mengambil risiko yang telah diperhitungkan.

Dengan cara ini, usahamu akan tumbuh bahkan ketika berada pada kondisi terburuk sekalipun. Kamu tentu akan memetik pelajaran berharga karenanya.

5. Tetap Fokus

Kebanyakan orang mungkin akan meninggalkan usahanya ketika sudah setengah jalan dengan alasan mengalami kerugian. Namun, hal ini berkesan bahwa kamu hanya menjalani bisnis dengan sepenuh hati.

Sebaiknya, catatlah sesuatu hal yang dapat menghalangi fokusmu bahkan saat kamu menemukan kesulitan untuk membuat usahamu menguntungkan.

Tetaplah fokus untuk bertahan sehingga pada akhirnya kamu dapat melalui masa-masa kritis. Semoga tips-tips ini dapat membantumu memulai bisnis sendiri. (Sbg/Rig)

Comments