Mengelola Keuangan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di tengah Pandemi CoVID-19 saat ini, banyak orang mulai berpikir ulang tentang mengelola keuangan pribadi. Terlebih bagi mereka yang sudah berkeluarga dan dengan penghasilan rata-rata.

Meski begitu, baiknya saat ini kamu  jangan overthinking akan situasi yang belum menentu di masa mendatang, sebab hal itu  justru akan membuat kita panik.

Nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan Untuk menghadapi berbagai situasi ekonomi yang memburuk di masa akan datang,

Hal ini penting terlebih ada sebagian pekerjaan yang terdampak virus corona sehingga membuat penghasilan sebagian masyarakat berada dalam ketidak pastian dan bahkan menurun. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga di belahan dunia lainnya.

BACA JUGA: Gaes, Hindari Sederet Perilaku Covidiot Berikut Ini

1. Mengevaluasi Sumber Penghasilan

Salah satu hal penting dalam urusan mengelola keuangan di saat pandemi COVID-19 adalah mengevaluasi sumber penghasilan keluarga.

Ini bukan hanya penghasilan yang berasal darimu, namun juga pasangan ataupun anggota keluarga lain yang ikut berkontribusi dalam jalannya kas keluarga.

Dengan melakukan evaluasi kamu bisa menilai ulang apakah penghasilan kita cukup untuk memenuhi anggaran bulanan seperti biasanya ataukah tidak.

Jika sumber penghasilan kita tidak terdampak, kamu bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya. Tapi, bila sumber penghasilan sudah terganggu, sebaiknya segeralah lakukan penyesuaian anggaran bulanan.

2. Siapkan Dana Darurat

Dalam kondisi waspada seperti ini, kamu sebaiknya adalah memperbesar dana darurat.

Dana darurat ini bisa di gunakan jika kamu memerlukan perawatan medis yang tidak tercover oleh BPJS, membantu keluarga yang terkena musibah dan lain sebagainya.

Kita memang tidak mengharapkan hal buruk terjadi, tetapi dengan bersiap-siap, maka kondisi tersebut bisa lebih mudah dihadapi.

BACA JUGA: Belanja Bulanan dan Kebutuhan Saat Pandemi COVID-19

3. Fokus ke Bahan Makanan

Jika memang keuanganmu tidak terlalu stabil dan pendapatan pun super ngepas, sebaiknya fokus ke bahan makanan saja. Fokus pengeluaranmu untuk kebutuhan ini.

Uang yang biasanya untuk jajan yang sifatnya menyenangkan diri di akhir pekan bisa diganti sebagai pemenuhan bahan pokok alias sembako. .

Sesekali membeli makanan di luar tidak masalah, akan lebih baik lagi jika kamu memasak saja di rumah. Pilih makanan yang praktis dan awet.

Selain hemat ini adalah cara sehat mengelola keuangan.

BACA JUGA: Amankah Uang dan Kartu ATM dari Virus COVID-19?

4. Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Untuk sementara hindari membeli barang yang kamu inginkan. Fokus pada barang-barang yang memang kamu butuhkan.

Kebutuhan tersier bisa ditunda dulu, misalnya rekreasi, beli barang-barang branded lainnya. Hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan di masa sekarang kan?

Panic buying bukanlah solusi. Panic buying justru membuat harga di pasar semakin mahal. Barang-barang yang sebenarnya cukup menjadi langka.

Well, belilah barang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan menyimpan barang yang tidak dibutuhkan.

Semoga informasi ini bisa membantumu dalam mengelola keuangan di tengah masa pandemi COVID-19 ini. (Sbg/Rig)

Comments