Kebiasaan Merokok
(Foto: oxfordonlinepharmacy.co.uk)

Sabigaju.com – Kebiasaan merokok telah melekat cukup kuat di berbagai lapisan masyarakat dan kegiatan sosial di Indonesia.

Bagi perokok aktif, memang sulit untuk lepas dari kecanduan terhadap nikotin. Namun hal tersebut bukan berarti menihilkan upaya untuk total berhenti merokok.

Namun Sabigaju yakin ada beberapa di antara kalian yang tengah berupaya menghilangkan kebiasaan merokok, walaupun terkadang masih sulit untuk dijalankan.

Nah, berikut, sederet tips jitu yang bisa kamu aplikasikan untuk benar-benar terbebas dari kebiasaan merokok.

BACA JUGA: Puluhan Negara Kini Terapkan Larangan Rokok Elektrik 

Sediakan Selalu Botol Air Minum

Selain bantu membersihkan organ tubuh dari dalam, minum air putih secara teratur juga membantu menyiram nikotin dari tubuh, semakin banyak minum maka racun bisa berkurang secara cepat.

Biasanya nih saat perut yang kosong kerap memicu orang untuk melakukan kebiasaan merokok dibandingkan ketika kenyang,

Begitupun ketika selesai makan dan tidak segera minum, maka perokok biasanya akan kembali ‘gatal’ untuk merokok.  So, cobalah dengan langsung minum segelas air dingin untuk mengatasinya.

Perbanyak Mengunyah

Untuk menghentikan kebiasaan merokok, camilan adalah pilihan tepat untuk mengalihkan mulut kamu dari keinginan menghisap rokok.

Namun, pastikan aneka makanan yang kamu kunyah rendah gula dan kolesterol sehingga bisa memberi kamu tambahan manfaat sehat.

BACA JUGA: Kanker Paru-Paru Bisa Menyerang Bukan Perokok Sekalipun

Peganglah Beragam Benda

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok adalah dengan membiasakan tangan untuk memegang benda non tembakau.

Ketika sedang tidak ada kegiatan, segera raihlah benda apapun yang dapat kamu pegang dan mainkan, seperti bola atau alat senam tangan misalnya.

Hal ini berguna untuk menghindari risiko tangan kembali mengambil rokok dan menghisapnya.

Buatlah Tulisan Penyemangat

Kamu butuh pengingat dan penyemangat untuk membantumu menghentikan kebiasaan merokok.

BACA JUGA: Waspada Penggunaan Vape, Resiko Meledak Hingga Dampak Cairannya 

Ketik dan cetak alasan-alasan Anda untuk berhenti merokok dan tempelkan di tempat-tempat kamu biasa beraktivitas.

Semakin sering kamu melihat ‘pemacu semangat’ tersebut, maka akan semakin melekat kuat di otak keinginan untuk berhenti merokok.

Ketegasan

Pastikan lemari, tas, dan saku pakaianmu terbebas dari rokok karena bisa saja kamu tanpa sadar menyimpan rokok dan kemudian iseng mengambilnya untuk dihisap.

Kamu harus tegas dengan komitmen untuk menghentikan kebiasaan merokok. Selamat mencoba. (Sbg/Rig)

Comments