Di Kota Jakarta
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Begitu banyak perantau yang mengadu nasib di kota Jakarta . Kota metropolitan ini terkenal sebagai kota yang sangat identik dengan ingar bingar, kehidupan yang ramai serta penuh gemerlap.

Belum lagi gaya hidup orang-orang yang tinggal di Kota Jakarta tentu saja berbeda dengan kota lain.

Biaya hidup yang tinggi mungkin akan membuat orang akan berpikir dua kali untuk tinggal di Jakarta. Belum lagi, jika gajimu termasuk dalam gaji yang pas-pasan.

Namun, bagaimana jika kamu sudah terlanjur mengadu nasib di Kota Jakarta? Berikut ini adalah 4 tips jitu yang dapat kamu terapkan agar dapat bertahan hidup dikota ini dengan gaji yang pas-pasan.

BACA JUGA: Lima Hal yang Bisa Bikin Kamu Kaya Pas Gajian

Memilih untuk Tinggal di Tempat Tinggal yang Sederhana

Selama kamu hidup di Kota Jakarta, kamu dapat mencoba untuk memilih untuk tinggal di tempat tinggal yang sederhana.

Hal yang terpenting adalah kamu dapat memilih untuk tinggal di tempat tinggal yang nyaman serta aman untuk dijadikan tempat peristirahatan.

Hal ini tentu berkaitan juga dengan biaya sewa kamar di Jakarta yang juga cukup mahal.

Memasak Makanan Sendiri

Untuk lebih menghemat, kamu dapat mempertimbangkan untuk memasak makanan sendiri.

Hal ini karena biaya makan di Jakarta tentu cukup mahal. Ketika kamu memilih untuk makan di luar terus menerus, gajimu tentu tidak akan cukup.

Kamu dapat menyempatkan untuk memasak makananmu sendiri. Kamu juga dapat memasak di pagi hari untuk bekal makananmu di kantor sehingga tentu dapat mengurangi pengeluaranmu.

BACA JUGA: Kebiasaan Memasak Lebih Baik daripada Pesan Makanan Via Online 

Mencuci Baju Sendiri

Hal terbaik agar kamu dapat lebih menghemat pengeluaranmu adalah dengan mencuci bajumu sendiri.

Biaya mencuci baju di kota Jakarta tentu sudah cukup menguras dompet, belum lagi jika ditambah dengan biaya mengantar pakaian yang sudah siap di laundry.

Dengan mencuci pakaianmu sendiri tentu kamu dapat lebih menghemat budget bulananmu.

Namun, agar dapat mencuci sendiri sebaiknya kamu dapat mempersiapkan alat-alat mencuci pakaian sendiri dulu seperti brush, deterjen, ember serta pewangi pakaian.

BACA JUGA: Kuliner Super untuk Menghadapi Polusi Udara Jakarta 

Bergabunglah dengan Komunitas

Tentu terdapat komunitas atau paguyuban daerah berdasarkan tanah kelahiran yang dibentuk di Kota Jakarta.

Sebagai contoh, jika kamu berasal dari Jambi kamu tentu dapat mencari paguyuban orang-orang yang juga berasal dari Jambi.

Kamu pun dapat bergabung dengan komunitas orang-orang tersebut. Paguyuban ini dapat membantumu merasa memiliki saudara selama berada di Jakarta.

Ketika mengalami kesusahan, kamu dapat meminta paguyuban tersebut. Kamu pun akan mampu beradaptasi dengan cepat selama tinggal di kota Jakarta. (Sbg/Vania)

Comments