ldr

Sabigaju.com – Long distance relationship alias LDR, tak pernah mudah untuk dijalani. Selalu ada keraguan yang membayangi, baik dari diri sendiri, dari pasangan, maupun orang-orang di sekitar. The extra distance akan selalu membuat banyak hal jadi susah diraih, dan para pasangan LDR akan mulai kehilangan banyak momen sederhana namun bermakna seperti bergandengan tangan, makan di meja yang sama, atau merasakan pelukan yang menenangkan ketika hari-hari begitu melelahkan.

Apakah kamu benar-benar siap untuk LDR?

LDR memang berat, tapi bukan berarti tak mungkin dijalani. Selama kamu yakin dia bisa diajak kerja sama dan hubungan kalian dan hubungan kalian layak diperjuangkan, go ahead saja. Jarak di antara kamu dan pasangan memang menyebalkan, namun tanpa jarak pun setiap hubungan pasti punya sisi menyebalkan.

Jarak bukan alasan untuk mengakhiri sebuah hubungan, apalagi jika hubungan itu terjalin dengan baik. Faktanya, menjalin hubungan jarak jauh ternyata bisa melatih kamu jadi pasangan paling cool sejagad raya!

Pertama, kamu bakal belajar jadi mandiri. Itu pasti! Namanya juga LDR, mana bisa mengandalkan pacar? Jangankan untuk momen besar seperti ketika kamu berulang tahun dan berharap bisa birthday dinner berdua, kadang saat kamu butuh peluk karena lelah dengan drama pekerjaan pun kamu tak bisa mendapatkannya.

Belum lagi saat pengin nonton film favoritmu sama si dia tapi jarak tak mampu menjadikannya nyata, momen-momen seperti itu akan secara otomatis membuat kamu belajar—memaksa—dirimu untuk selalu mencari opsi kedua, yakni cari teman, keluarga, atau lakukan sendiri.

Kedua, sangat mudah buat kamu untuk meyakinkan diri, dia benar-benar mencintaimu atau tidak. Caranya gampang, tinggal lihat seberapa besar usaha dia mempertahankan hubungan kalian, mulai dari menjaga komunikasi sampai usahanya untuk bertemu denganmu. Jika dia melakukan itu, fix dia cinta kamu! Sebab kalau tidak, untuk apa dia bersusah payah lakukan itu semua?

Dengan LDR, setiap waktu di mana kalian dapat bersama itu jadi begitu berharga. Kamu dan dia takkan membuang kebersamaan yang kalian dapatkan itu hanya untuk meributkan hal-hal tak penting. Biasanya yang lebih sedikit justru lebih dihargai, kan?

Agar hubungan jarak jauh yang kamu jalani bertahan lama, kamu harus paham beberapa basic rules yang pastinya di-amin-kan para pejuang LDR yang sudah terbukti berhasil. Di antaranya;

1. Selalu ciptakan sesuatu untuk dituju bersama-sama

Alasannya sederhana, dengan menciptakan tujuan itu, kamu dan pasangan jadi tak memiliki waktu untuk menangisi jarak dan absensi satu sama lain. Semakin lama kalian terpisah, keraguan yang ada di hati kalian terhadap satu sama lain akan semakin kuat.

Di situlah ‘tujuan’ yang kalian ciptakan ini berperan untuk mengisi kekosongan. Sederhananya, sih, rencanakan kapan kalian akan bertemu. Namun bisa juga mengenai hal-hal besar seperti pindah kota, melamar kerja di kota pasangan, liburan bersama, dan lain sebagainya.

Lakukan ini terus menerus. Sebab jika kalian berhenti, kalian akan terjebak dalam emosi-emosi yang tak perlu.

2. Jangan gampang nge-judge

Jarak yang ada ketika kalian terpisah jauh akan rentan ditumbuhi asumsi yang kadang irasional. Sebagai contoh, kamu jadi cemburu membabi buta pada semua temannya, hanya karena mereka bisa lebih sering menghabiskan waktu dengan pasanganmu ketimbang kamu sendiri. Atau ketika dia tidak mengangkat teleponmu, kamu berpikir kalau dia melupakanmu, sudah tidak cinta, bahkan tak ingin lagi menjalin hubungan bersama–walau kenyataannya dia hanya sedang tidur atau mandi.

Semua asumsi itu takkan menolongmu dan hubungan kalian. Ingat bahwa kamu tak pernah benar-benar tahu apa yang terjadi dengannya di sana, dan cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya adalah dengan bertanya langsung pada pasanganmu.

3. Jangan buat komunikasi jadi terlalu baku

Yes, komunikasi itu penting, asal jangan berlebihan. Banyak pasangan LDR yang membuat aturan dalam berkomunikasi. Seperti misal, berapa kali mereka harus teleponan dalam sehari, jam berapa mereka akan menelepon, dan kapan jadwal mereka video call.

Well, cara itu mungkin bekerja dengan baik pada beberapa orang, tapi dengan cara seperti itu kamu dan pasangan pasti akan segera sampai pada satu titik di mana kalian merasa hubungan itu menjadi beban. Berkomunikasilah karena kalian ingin, bukan karena kalian harus.

Selama kalian saling percaya dan mampu menjaga kepercayaan satu sama lain, maka kalian akan baik-baik saja.

4. Pastikan kalau jarak itu hanya sementara

LDR takkan bertahan tanpa harapan, dan harapan yang paling mujarab untuk menjaga hubungan kalian terus hidup adalah bahwa suatu saat kalian akan benar-benar menghapus jarak yang ada dan hidup bersama. Tanpa harapan seperti itu, maka hubungan jarak jauh yang kalian jalani takkan ada artinya.

Percayalah, cinta saja tidak cukup. Harus ada visi misi yang sama dalam hubungan itu, dan kalian harus sama-sama berjuang menuju ke arah sana. Dengan adanya upaya-upaya seperti yang disebutkan di atas, kelak jarak akan mengalah pada kalian. (Sbg/Ftr)

Comments