Pengendara Motor

Sabigaju.com – Pandemi corona atau covid-19 membuat setiap orang harus ekstra waspada untuk mengantisipasi penyebarannya, termasuk bagi kamu pengendara motor.

Bagi pengendara motor  terpaksa bepergian di tengah pandemi virus corona berikut tip aman berkendara agar terhindar dari paparan virus corona.

Wajib Pakai Masker

Para pengendara motor wajib untuk menggunakan masker, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB).  Menggunakan masker juga bisa melindungi  para pengendara motor dari polusi dan debu.

Pengendara motor sebaiknya memiliki masker lebih dari satu. Tujuannya agar bisa dipakai bergantian saat yang satu sedang dicuci atau dibersihkan.

BACA JUGA: Beberes Rumah Bikin Sehat Plus Cerdas Saat Stay At Home

Sarung Tangan

Kamu juga sebaiknya mengenakan sarung tangan yang menutupi jari secara full saat berkendara

Dengan begitu tanganmu juga lebih terlindung saat menyentuh benda-benda. Pastikan kamu juga mencuci tangan saat melepas sarung tanganmu.

Jaga Kebersihan Helm

Helm bisa menjadi salah satu risiko penularan dari virus tersebut, untuk itu setiap pengendara motor harus memperhatikan kebersihan helm.

Untuk membersihkan helm cukup dilakukan dengan cara melepas bagian visor (kaca helm), padding (lapisan busa bagian dalam) dari helm.

Untuk bagian padding sebaiknya dikucek secara perlahan dengan deterjen cair, lalu bilas dengan lap microfiber. Setelah bersih, keringkan bagian yang sudah dilepas secara alami.

Cara mengeringkan padding yang benar cukup dijemur di teras rumah, yang terkena angin namun jangan sampai terpapar sinar matahari. Karena hal tersebut akan merusak bagian kulit dan membuat busa cepat kempes dan juga rontok.

Jangan lupa membersihkan kaca helm untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. kamu bisa cairan pembersih visor untuk mempermudah perawatan ataupun dengan sabun.

Gunakan Jaket

Paparan angin dan panas matahari atau hujan bisa mengakibatkan penurunan kualitas kesehatan tubuh.

Penggunaan jaket dapat membantu tubuh tetap hangat meski diterpa angin saat kamu berkendara dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA: Jangan Lupa Memanaskan Mesin Mobil di Masa PSBB 

Jaga Jarak Aman dengan Pengendara Lain

Selain untuk menghindari kecelakaan, disaat seperti ini menjaga jarak aman dengan kendaraan lain juga bisa memperkecil risiko penularan penyakit.

Jaga jarak yang dimaksud, adalah dengan tidak berhenti terlalu berdekatan. Pasalnya, kebiasaan orang Indonesia, saat berkendara motor, masih ada yang merokok atau membuang ludah sembarangan, dan tidak diketahui dengan pasti, apakah cipratan ludah tersebut berterbangan atau tidak.

Menjaga kebersihan kendaraan

Kamu wajib membersihkan motor sebelum maupun sesudah menggunakannya. kita juga Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona yang semakin masif.

BACA JUGA: Cara Aman Pakai Kendaraan Pribadi Saat Pandemi COVID-19

Usai menggunakan Motor

Setelah melakukan aktivitas di luar rumah agar langsung mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh benda lain.   Setelah itu mandi pakai baju yang bersih baru memulai kegiatan.

Jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan ke benda-benda yang sudah digunakan. seperti sarung tangan atau sepatu yang dipakai untuk mencegah penyebaran virus corona. Setelah disemprot, biarkan selama 5-10 menit baru deh masukkan ke rumah.

Ok, safe riding ya gaes! (Sbg/Rig)

Comments