Tingkat Produktifitas
Ada orang yang tingkat produktivitas sangat tinggi di pagi hari, merasa lebih bersemangat pada siang hari serta sebagian orang lebih bisa produktif di malam hari.(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Pada kenyataannya tingkat produktivitas manusia umumnya ditentukan oleh waktu. Itulah sebabnya ada orang yang sangat produktif di pagi hari, merasa lebih bersemangat pada siang hari serta sebagian orang lebih bisa produktif di malam hari.

Pola waktu ini disebut sebagai chronotype, istilah yang dipakai untuk menjelaskan waktu tidur dan aktivitas rutin manusia dan hewan.

Dari pembagian kronotipe ini, yang paling terkenal adalah dua arus utama yang disebut morning person dan night person alias makhluk nokturnal.

Nah, dalam penelitian terbaru, tim pakar dari Rusia dan Belgia yang dipublikasikan di di Journal Personality and Individual Differences, menyebutkan ada dua tipe lain untuk menggambarkan orang yang level alias tingkat produktivitas sepanjang hari. Orang dalam kelompok ini disebut tipe napper” dan “tipe siang.

Semuanya itu wajar kok dan gak ada yang salah, karena semua itu tergantung pribadi masing-masing. Yuk Kita kenali tipe tipenya berikut ini

BACA JUGA: Empat Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif Sejak Pagi Hari

1. Manusia Pagi

Mereka paling melek alias penuh kesadaran dengan tingkat produktivitas yang tinggi pada pukul 09.00 sampai 11.00. Setelah itu, lama-lama mereka akan ngantuk, dengan tingkat ngantuk tertinggi pada malam hari.

Tingkat ngantuk pada malam hari ini lebih tinggi dibanding tiga jenis kronotipe lainnya.

BACA JUGA: Manfaat Hebat Olahraga di Malam Hari yang Bikin Cowok Makin Sehat 

2. Manusia Malam

Nah kalau tipe pria ini jika diminta bangun pagi, mereka akan tampak berat atau seperti orang yang kelelahan.

Mereka belum benar-benar bangun dan sadar kalau belum di atas jam 10.00 ke atas.

Setelah itu, tingkat kewaspadaan maupun tingkat produktivitas mereka tetap tinggi. Rasa ngantuk baru mulai muncul di atas pukul 10 malam.

BACA JUGA: Begini Cara Jitu Atasi Mengantuk Usai Makan Siang 

3. Manusia Siang

Para pria siang adalah tipe yang paling susah bangun pagi. Dia jadi tipe yang paling kelelahan untuk bangun pagi dibanding tiga tipe lainnya.

Rasa ngantuk para pria tipe ini akan mereda pada pukul 11.00 dan  tingkat produktivitas mereka  terjaga dan siaga sampai pukul 5 sore.

Setelah lewat jam ini, maka kesadaran mereka lama-lama akan menurun. Sepertinya, mereka masuk dalam tipe ‘pelor’ alias nempel molor.

BACA JUGA: Pentingnya Power Nap Buat Kamu Para Pekerja Kantoran 

4. Manusia Napper

Tipe pria jenis ini punya kurva ngantuk dua kali lipat sepanjang hari. Mirip seperti Manusia Pagi, mereka akan tetap melek dan mulai terlihat produktivitas sampai pukul 11 siang.

Lepas dari itu, mereka mulai ngantuk dan akan ngantuk terus sampai pukul 3 sore. Namun setelah lewat jam 3 sore, mereka bakal melek lagi sampai jam 10 malam.

Lewat jam 10 malam, mereka akan mulai mengantuk, tapi rasa ngantuknya tak setajam kelompok lainnya.

Nah dari empat tipe tadi kamu termasuk pria tipe yang mana sih? (Sbg/Rig)

Comments