Bermain TikTok
(Foto: YouTube)

Sabigaju.com – Selama pandemi virus corona, penggunaan media sosial memang meningkat di seluruh dunia, tetapi TikTok memiliki momen sebelum pandemi dan lebih banyak perhatian pengguna daripada media sosial lain.

Berbagai video yang di unggah di tik tok umumnya cukup ringan, lucu, menyenangkan dan mudah. Postingan TikTok tak memerlukan latar belakang yang indah. Di TikTok, kamu bisa ngedance di rumahmu atau bahkan kamarmu sendiri,”

Dan dengan  bermain TikTok itu kita bisa teralihkan dari semua berita negatif yang didengar orang setiap hari dari media lain.

BACA JUGA: Alasan Keren Kenapa Cowok Jarang Update Status di Medsos

Tik tok dan kesehatan Mental

Salah satu aktivitas paling populer yang dilakukan orang-orang di masa karantina. untuk menyibukkan diri ataupun mengusir kebosanan adalah bermain tantangan TikTok.

Ternyata, melakukan tantangan TikTok juga bisa membawa dampak positif terhadap kesehatan mental, lho. ”

Tantangan-tantangan yang ada bisa menjadi cara positif untuk seseorang merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan kebahagiaan dengan bergabung di permainan tersebut.

Demikian diungkapkan oleh psikolog klinis, Dr Julie Smith. Smith sendiri memiliki setengah juta pengikut di akun TikTok miliknya.

Dia menambahkan, penting bagi orang-orang untuk menjadikan platform tersebut sebagai media bersenang-senang, bukan justru membandingkan diri dengan orang lain secara tidak sehat.

Sebab hal itu pada akhirnya bisa membuat seseorang menilai dirinya lebih buruk daripada sebelumnya.

BACA JUGA: Gunakan Fitur TFA untuk Lindungi Medsos dari Ulah Jahil

Terhubung Tapi  Jangan Terjebak

Sementara itu, Professor Sarah Coyne dari Brigham Young University menghabiskan delapan tahun untuk mempelajari efek media sosial terhadap kesehatan mental seseorang.

Berdasarkan temuan Coyne, efek kesehatan mental tidak berpaku pada seberapa banyak kita menggunakannya, melainkan bagaimana kita menggunakannya. Menurutnya, partisipasi aktif seseorang adalah hal yang krusial dalam bermedia sosial.

Artinya, orang tersebut perlu mengunggah suatu konten, berkomentar dan berinteraksi, bukan hanya memantau lini masanya. Tantangan TikTok, tambah dia, juga termasuk ke dalam partisipasi aktif tersebut.

BACA JUGA:  Ketika Pasangan Sering Curhat di Medsos

“Koneksi sangat penting untuk dibangun di tengah masa pandemi seperti saat ini, dan media sosial menjadi salah satu cara utama untuk menjangkau orang lain,” ujarnya.

Namun, sama seperti Smith, Coyne juga mengingatkan agar pengguna media sosial, utamanya TikTok, untuk tetap mengingat tujuan dari tantangan media sosial yang dilakukannya, yakni untuk hiburan dan terhubung dengan orang lain.

“Jangan terjebak dengan membandingkan diri dengan orang lain, misalnya membandingkan likes pada unggahan yang kamu buat atau followers akun,” tutupnya. (Sbg/Rig)

Comments