Sabigaju.com – Pengusaha teknologi ikonik dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates belum lama ini menyebutkan bahwa orang yang memiliki tiga latar belakang ilmu pendidikan yakni sains dan teknologi, matematika dan ekonomi bakal dincar oleh banyak perusahaan mulai saat ini.

Menurut Gates pekerja yang mahir dalam subjek tersebut akan menjadi agen perubahan untuk semua institusi.

“Saya pikir pengetahuan dasar sains, keterampilan matematika, dan ekonomi itu merupakan tiga latar belakang ilmu yang banyak diincar dalam pencarian karir di masa depan,” kata Gates kepada Editor Eksekutif LinkedIn Daniel Roth

Gates pun menambahkan, “Mereka kemungkinan akan merevolusi industri, serta membuat perubahan bagi dunia dengan hal-hal baru,” ujarnya.

Nah, terkait Sabigaju.com  mau ajak kalian megetahui mengapa tiga ilmu yang disebut Bill Gates tadi amat enting dalam kehidupan manusia:

BACA JUGA: Mitos Keliru Tentang Otak Manusia, Yuk Kita Luruskan 

1. Sains dan Teknologi

Pendidikan di bidang sains dan teknologi merupakan bagian penting dalam kemajuan suatu bangsa.

Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemandirian suatu bangsa, maju mundurnya suatu bangsa banyak ditentukan oleh sejauh mana bangsa tersebut menguasai sains dan teknologi.

(Foto: Freepik.com)

Berdasarkan fakta empiris dan bukti sejarah negara yang maju dan makmur adalah negara yang menguasai sains teknologi dan menguasai inovasi.

Sains dan teknologi sangat besar manfaatnya dalam kehidupan manusia saat ini, karena dengan perkembangannya dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pertimbangan sains yang didasari ilmu pengetahuan dinilai penting dalam pengambilan keputusan dan kebijakan politik pemerintah.

Masyarakat secara global percaya bahwa kita membutuhkan sains untuk menyelesaikan masalah dunia sains adalah kerangka utama dari banyak kemajuan dan inovasi.

BACA JUGA: Matematika dan Rasa Kebahagiaan untuk Manusia 

2. Matematika

Matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan ini. Berbagai persoalan kehidupan bisa kita pecahkan dengan menggunakan matematika.

Matematika mengajarkan seseorang yang mempelajarinya untuk bisa berpikir logis, kritis, analisis, sistematis, dan kreatif. Inilah yang menjadi salah satu alasan, mengapa matematika selalu dipelajari pada setiap jenjang pendidikan formal.

Ilmu Matematika penting bagi kehidupan manusia
(Foto: Freepik.com)

Orang yang belajar matematika juga sebenarnya merupakan orang yang belajar untuk melatih kesabaran supaya kita tidak cepat berputus asa. Sebab, dalam mengerjakan berbagai persoalan dalam matematika kadang dibutuhkan proses yang panjang bahkan rumit.

matematika juga dapat melatih seseorang agar cermat dan tidak ceroboh dalam bertindak. Bila kita tidak cermat dalam memasukkan angka, menghitung digit di belakang koma, melihat grafik, menentukan rumus yang sesuai, dan sebagainya, maka bisa berakibat fatal.

BACA JUGA: Terkaya di Dunia, Qatar Serius Bangun Pulau Masa Depan 

3. Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari cara manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Pentingnya ilmu ekonomi dapat kita rasakan bahkan dirumah sekalipun

Ilmu ekonomi merupakan ilmu ada di tiap aspek kehidupan kita. Para pelajar akan memahami segala sesuatu terkait menentukan harga barang dan jasa.

Ilmu Ekonomi penting dalam kehidupan
(Foto: Freepik.com)

Selain itu, mereka juga akan paham tentang standar ekonomi yang bervariasi di tiap negara. Ilmu ekonomi juga begitu erat pengaplikasiannya dengan kehidupan nyata.

Ekonomi merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Lulusan sekolah ekonomi pun kebanyakan menuai sukses di dunia kerja. Entah sebagai karyawan maupun wirausawan.

Belajar ekonomi juga akan membuat siswanya lebih mandiri. Sebab ilmu ekonomi akan melatih para siswanya untuk langsung mempraktekkan ilmunya di kehidupan nyata.

Dengan mempelajari ekonomi, anda akan mendapat cara yang logis dalam menghadapi berbagai masalah.

Nah, semoga informasi ini bisa  membuka wawasan kalian  tentang latar belakang ilmu pendidikan yang dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan.  (Sbg/Rig)

Comments