Sebuah hubungan yang bertahan lama dan berhasil, umumnya dimulai atas dasar sikap saling menghargai Pasangan (Foto: Pexels)
Sebuah hubungan yang bertahan lama dan berhasil, umumnya dimulai atas dasar sikap saling menghargai pasangan (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu resep agar sebuah hubungan yang bertahan lama dan berhasil, bisa Anda mulai atas dasar sikap saling menghargai.

Kebutuhan akan penghargaan atau pujian adalah merupakan salah satu dorongan manusiawi yang paling hakiki. Cinta saja tidak cukup untuk membuat setiap pasangan rukun dan bahagia setiap hari.

Seringkali pertengkaran yang berbuntut perpisahan dengan pasangan terjadi bukan lantaran hilangnya rasa cinta, lebih tepatnya karena sudah tidak ada lagi perasaan untuk menghargai terlebih lagi menghormati pasangannya. Itulah sebabnya sebuah hubungan terlebih pernikahan tidak bisa berdiri hanya karena cinta saja.

Nah kali ini Sabigaju mau mengajak pembaca untuk mengenal lebih jauh cara menghargai pasangan

1. Hormati Pasangan di Depan Orang Lain

Anda dan pasangan tentu akan senang jika diperlakukan dengan baik di mana pun Anda berdua berada seperti di tempat umum. Akan lebih baik lagi jika Anda tidak berkata kasar, mengkritik atau merendahkan pasangan di depan teman-teman atau keluarga lainnya.

Meski anda sedang kesal dengan Pasangan, Anda harus berusaha untuk tidak menunjukkannya di depan orang lain.

Saling menghormati pasangan sangat penting dalam rumah tangga agar suami atau isteri tidak terlukai oleh ucapan, sikap, dan tindakan pasangannya.

Menghormati pasangan bukan berarti harus selalu “nunduk” dan mengikuti semua yang diminta pasangan Anda.

2. Hargai Sekecil Apa pun Usaha Pasangan Anda

Baik suami maupun istri membutuhkan penghargaan diri yang datang dari pasangannya.

Memang tidak mudah menjaga perasaan pasangan, akan tetapi jika saling menghargai dan saling menjaga perasaan, sebuah hubungan akan berjalan dengan langgeng.

Apresiasi pada pasangan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut akan menambah kedekatan emosi antar keduanya, serta membuat rumah tangga semakin harmonis dan akan  memunculkan rasa bahagia pula bagi dirinya saat pasangannya memberikan respons positif.

Prinsipnya janganlah meremehkan apapun usaha yang dilakukan oleh pasangan untuk Anda. Ambil saja contoh saat Anda memakan masakan istri yang kurang enak, jangan mencelanya sebab hal itu hanya membuatnya kecewa. Tetap hargai usahanya. Bersyukurlah karena istri masih menghargai dan mau melayani urusan perut Anda.

3. Rutin, Berikan Pujian Buat Pasangan Anda

Cara menghargai pasangan tidak melulu harus berupa materi tapi juga dapat berbentuk perbuatan, kata-kata atau ekspresi wajah bahagia, perhatian sehingga pasangan merasa dihargai.

Berikan pujian terhadap apa pun yang telah dilakukan pasangan Anda. Puji masakannya yang menurut Anda tidak sebaik masakan orangtua atau rumah makan favorit Anda, puji dia saat Anda merasakan nyaman atas kebersihan rumah anda, puji dia yang lelah setelah seharian merawat anak-anak dengan baik.

Hubungan yang penuh dengan saling memuji antar pasangan akan menjadikan hubungan kalian jauh lebih positif. Jangan biarkan usaha dari pasangan Anda dibiarkan begitu saja, puji mereka hari ini. (Sbg/Rig)

Comments