Sabigaju.com – Selain istirahat dengan cukup dan makan tepat waktu, tubuh juga membutuhkan olahraga untuk menjaganya tetap sehat. Sayangnya kita terkadang mencari alasan untuk tidak berolahraga sekalipun yang paling ringan.

Belum terlambat, Anda bisa segera memulai kebiasaan olahraga tersebut. Agar lebih semangat, mungkin Anda bisa menggunakan tiga alat simple yang punya banyak manfaat ini untuk menunjang aktivitas berolahraga. Namun, apa sih tiga alat yang dimaksud? Simak yuk apa saja alat tersebut!

1. Menjaga Kesehatan Tulang dengan Fitball

Sumber: http://puredev.my.x.creadhoc.com

Manfaat olahraga memang banyak sekali, termasuk untuk kesehatan tulang dan otot pada tubuh kita. Penggunaan fitball untuk mendukung olahraga Anda bermanfaat meregangkan otot terutama pada bagian punggung yang berhubungan dengan otot di otak.

Berolahraga dengan alat ini juga disebut-sebut punya manfaat yang hampir sama dengan berkuda. Pasalnya, fitball melatih keseimbangan dalam bergerak, membantu mengembalikan secara perlahan dan nyaman otot-otot yang salah posisi, hingga membantu semua otot dalam tubuh bergerak dengan sistematis serta melancarkan aliran darah di seluruh bagian tubuh yang bermanfaatkan melancarkan metabolisme tubuh.

Anda bisa memulai olahraga untuk menguatkan tulang dan otot dengan menggunakan fitball. Fitball ini cara pakainya sangat sederhana. Anda bisa menjadikannya sebagai pengganti kursi saat menonton tv atau rutin menggunakannya untuk sesi olahraga sehari.

Namun sebelum membeli fitball, simak beberapa ukuran fitball yang direkomendasikan sesuai tinggi badan berikut ini:

1. Tinggi badan di bawah 60″ (152 cm) – Fitball yang digunakan 17″ (45cm)

2. Tinggi badan 60″-65″(152-165 cm)- Fitball yang digunakan 21″ (55cm)

3. Tinggi badan 65″-73″ (165 – 185 cm) – Fitball yang digunakan 26″ (65 cm)

4. Tinggi badan 73″-80″ (185-202 cm) – Fitball yang digunakan 29″ (75cm)

5. Tinggi badan di atas 80″ (202 cm) – Fitball yang digunakan 33″ (85cm)

2. Tummy Trimmer

alat bantu olahraga
Sumber: www.flipkart.com/

Alat bantu olahraga yang satu ini berukuran kecil dan praktis untuk Anda bawa kemana saja. Sesuai dengan namanya, tummy trimmer merupakan alat bantu olahraga yang berfungsi untuk mendukung kegiatan olahraga Anda dengan berfokus pada latihan otot perut.

Anda bisa menggunakan tummy trimmer untuk membantu membentuk perut idaman. Alat ini bisa dibilang sebagai pembantu latihan sit up agar lebih maksimal. Tummy trimmer sangat berguna bagi Anda yang ingin aktif berolahraga, tetapi jarang memiliki waktu luang untuk datang ke gym.  Anda yang tertarik untuk memilikinya bisa membeli secara online atau cek langsung ke toko khusus alat-alat olahraga.

3. Melatih Otot Perut dengan Ab Wheel

ab wheel
Sumber: Youtube

Alat bantu olahraga yang satu ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tetapi kalau bicara tentang manfaatnya, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan ab wheel dalam sesi latihan. Ab wheel disebut-sebut sebagai alat bantu olahraga paling efektif untuk membantu melatih otot perut. Anda bisa melakukan latihan perut seperti crunches, sit up, dan knees tucks dengan alat ini. Walaupun latihan perut, tetapi seluruh tubuh Anda akan ikut bergerak sehingga memaksimalkan manfaatnya untuk tubuh.

Itulah tiga alat bantu olahraga yang terlihat sederhana, namun banyak manfaatnya bagi tubuh. Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan tubuh. Jangan lupa luangkan waktu walau hanya 15 hingga 30 menit sehari untuk tetap berolahraga secara rutin! (Sbg/Er)

Comments