Poster Film theTrial of The Chicago7
(Foto: Netflix)

Sabigaju.com – Setelah cukup lama di Nanti, akhirnya film The Trial of the Chicago 7 rilis di Netflix hari ini, Jumat (16/10/2020).

Film drama sejarah berdurasi 129 menit ini mengisahkan tentang aksi protes damai yang berubah rusuh di acara Konvensi Nasional Partai Demokrat pada 1968.

Film ini menceritakan Chicago Seven, sebuah grup demonstran antiperang Vietnam yang didakwa melakukan konspirasi setelah melancarkan aksi protes yang berujung kerusuhan.

Awalnya, The Trial of the Chicago 7 dijadwalkan akan rilis di bioskop melalui Paramount Pictures.Namun, karena pandemi COVID-19 tak kunjung mereda, hak distribusi film pun berpindah tangan ke Netflix.

BACA JUGA: Demonstrasi dan Kesehatan Mental, Waspada Trauma yah Gaes!

Sinopsis The Trial of Chicago 7

Cerita dalam The Trial of the Chicago 7 diambil dari kisah nyata kaum radikal politik bernama Chicago Seven.

Para nggota, Chicago Seven awalnya memimpinn aksi protes damai bersama ribuan massa saat Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago pada 1968.

Cuplikan Adegan Film THe Trial of the Chicago 7
(Foto: Netflix)

Sejumlah bintang papan atas turut memerankan para tokoh grup Chicago Seven yakni Abbie Hoffman (Sacha Baron Cohen), Tom Hayden (Eddie Redmayne), Jerry Rubin (Jeremy Strong), Rennie Davis (Alex Sharp), John Froines (Daniel Flaherty), dan Lee Weiner (Noah Robbins). Terakhir, Bobby Seale (Yahya Abdul-Mateen II)

Para anggota, Chicago 7 awalnya melakukan aksi protes damai bersama ribuan demonstran lain saat Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago pada 1968.

Cuplikan Adegan Film THe Trial of the Chicago 7
(Foto: Netflix)

Aksi tersebut berubah kacau dari aksi protes yang melibatkan penembakan gas air mata hingga korban demonstran yang dipukuli polisi. Hmm, kita pasti familier dengan situasi ini?

Nah, buntutnya,  para anggota Chicago Seven pun ditahan  dan dituding sebagai dalang pemicu kerusuhan, konspirasi, dan pelanggaran di perbatasan negara bagian.

(Foto: Netflix)

Setelah itu, tujuh orang ini menjalani proses persidangan yang tidak adil. Walaupun tujuh orang itu memiliki pengacara, tetapi proses sidang tetap terasa berat dan dianggap cacat hukum.

Belum lagi pihak-pihak internal para demonstran yang semakin memperkeruh suasana dengan melakukan aksi brutal. Proses persidangan ini merupakan salah satu yang terburuk sepanjang sejarah.

Pada Februari 1970, lima dari tujuh anggota Chicago Seven dinyatakan bersalah. Namun, pengadilan banding membatalkan hukuman tersebut pada 1972.

BACA JUGA: Sederet Film Mancanegara yang Bawa Tema Demonstrasi

Ide dari Steven Spielberg

Menurut Sang Sutradara, Aaron Sorkin menjelaskan bahwa proyek ini awalnya merupakan ide sutradara ternama, Steven Spielberg.

“Saat itu, saya diminta datang ke rumah Spielberg. Dia bilang sangat ingin membuat film tentang kerusuhan Chicago dan pengadilan gila tentang kasus yang diduga konspirasi tersebut,” tutur Sorkin.

Cuplikan Adegan Film THe Trial of the Chicago 7
(Foto: Netflix)

BACA JUGA: Tetap Sehat Saat Ikut Aksi Demo di Tengah Pandemi 

Spielberg merasa film The Trial of The Chicago 7 ini memiliki dampak politik yang kuat.  Dia menginginkan film ini rilis sebelum pemilihan presiden pada 2008. Namun, karena ada Writers Guild pada 2007, film ini tidak berhasil diwujudkan.

Pada akhirnya, film ini sukses terwujud dan dirilis pada momen yang juga sangat tepat. Rilis pada tahun pemilihan presiden Amerika Serikat, sama seperti latar waktu kejadian protes Chicago berlangsung.

Sayangnya, Spielberg harus mundur dari kursi sutradara karena isu bujet. Namun tanpa kehadiran Spielberg  The Trial of Chicago 7 Layak dan pantut untuk disaksikan (Sbg/Rig)

Comments