Sabigaju.com – Walaupun terletak di ujung pulau Jawa, Banyuwangi merupakan jembatan penghubung antara pulau Jawa dan Bali. Kedekatan lokasi dengan pulau Dewata itu tak heran jika pesona keindahan alamnya hampir sama dengan Bali maupun Lombok.

Awal tahun 2016 lalu, Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menganugerahi Banyuwangi penghargaan UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism.

Dengan penghargaan tersebut, ada tiga buah destinasi wisata di Banyuwangi, Jawa Timur yang namanya sudah mendunia. Maka dari itu, bagi sahabat Sabigaju.com yang belum berkunjung ke Banyuwangi, sangat disayangkan sekali kalau Kamu orang Indonesia saja belum pernah berkunjung ke tempat yang dijuluki The Sunrise of Java ini.

Nih sahabat Sabigaju.com yang ingin berlibur atau berwisata ke daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Ikuti tips dan panduan agar kamu bisa menikmati liburan lebaran dengan berkesan dan tak terlupakan.

1. Pantai Pulau Tabuan

Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi (Instagram mocilmulya)

Pulau Tabuhan lokasinya berada di tengah selat Bali, di pulau ini kamu bisa snorkling scuba diving. Untuk mencapai lokasi ini sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Pulau ini berpenghuni dengan luas 5 Ha dan memiliki karakter pasir pantai yang putih serta air laut yang jernih atau bening.

Untuk dapat tiba di Pulau Tabuhan, kamu dapat menyewa kapal dari sejumlah tempat, seperti Watu Dodol, Bangsring, atau Kampe. Perjalanan terdekat ke Pulau Tabuhan adalah dari Bangsring dan Kampe yang memakan waktu sekitar 15 menit. Biaya sewa kapal sebesar Rp 500 ribu maksimal memuat 10 orang. Biaya sewa alat snorkle umumnya Rp 30 ribu dan tersedia di wilayah Bangsring

2. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring Banyuwangi (Instagram bangsringunderwater)

Pantai Bangsring menjadi destinasi favorit masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur bahkan luar daerah. Tempat wisata itu memiliki keindahan bawah laut dengan aneka biota laut dan keindahan terumbu karangnya. Pantai Bangsring memiliki luas sekitar 15 ha dengan kedalaman bervariasi dari 2 – 15 meter.

Sensasi berenang dengan Hiu Sirip Hitam di Pantai Bangsring (instagram prahasta.ta)

Ikon utama pantai ini adalah Rumah Apung Bangsring, sebuah bangunan berukuran 27m x 7m yang terapung berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai. Di area rumah apung ini, kamu dapat mencoba berenang di antara kawanan anakan ikan hiu sirip hitam yang sudah dijinakkan dan memang ditangkar di sana.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai pulau merah, Banyuwangi (Instagram gemayel_panggabean)

Tempat wisata ini begitu unik dan mempesona karena memiliki pasir pantai berwana merah atau merah muda. Sehingga, masyarakat setempat menyebutnya pantai merah atau pulau merah. Padahal, pantai ini dahulu bernama Pantai Ringin Pitu, sekarang disebut sebagai Pantai Pulau Merah.

Bersepeda di area Pantai Pulau Merah, Banyuwangi (Instagram siska_litasari)

Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian gelombang hingga 4-5 m, sebuah tempat berselancar di Banyuwangi yang direkomendasikan bagi para pemula. Berjarak sekitar 80 km dari pusat kota Banyuwangi, Kamu dapat masuk ke kawasan pantai ini dengan harga tiket Rp 3 ribu per orang, dan saat weekend menjadi Rp 5 ribu.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan pantai yang memiliki ombak dahsyat di Banyuwangi. Makanya, pantai tersebut dikenal sebagai pantai terbaik untuk berselancar atau surfing.

Surfing di pantai Plengkung, Banyuwangi (Instagram joshuazdunich)

Pantai Plengkung, terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, ombak di Pantai Plengkung memiliki 3 tingkatan, yakni Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m). Ombak tingkat terakhir (many track) ini lazim digunakan para peselancar pemula.

Bagaimana sahabat Sabigaju.com, bagi kamu yang masih menikmati suasana liburan Lebaran 2017, maka jangan lewatkan liburan ke pantai atau pulau di Banyuwangi, Jawa Timur. (Sbg/ Dea)

Comments