Rambut Beruban
(Foto: Instagram/imcalleartmark)

Sabigaju.com – Penuaan biasanya ditandai dengan adanya perubahan fisik seperti rambut beruban, kulit keriput atau lainnya. Bagi sebagian orang, perubahan fisik ini jadi nilai minus untuk penampilan mereka.

Namun nyatanya, rambut beruban enggak selamanya buruk kok. Ada banyak banget nih, pria lanjut usia yang makin seksi karena rambut putihnya. Walau pada kenyataannya, timbulnya uban pada rambut tak selalu menjadi tanda penuaan.

Lantas apa sih  yang jadi penyebab timbulnya uban?

BACA JUGA: Tetap Tampil Stylish Meski Rambut Tipis 

Rambut beruban atau dalam istilah baratnya adalah grey hair, merupakan ciri utama bahwa seseorang mengalami penuaan.

Biasanya rambut akan memutih ketika melanosit, yang memproduksi melanin atau zat pewarna rambut, hilang dan menjadi afektif,” kata Eva Proudman seorang konsultan rambut dari Inggris.

Rambut uban juga biasanya akan mengubah tekstur. Rambut akan menjadi kasar karena kehilangan sebum alami yang menjaga kelembaban rambut. Produksi sebum memang akan mengalami banyak penurunan seiring penuaan usia.

Rambut juga akan menjadi lebih keriting dan kaku. Namun tiap orang punya variasi berbeda. Perubahan tesktur rambut ini akibat melanosit yang tidak aktif.

BACA JUGA: Begini Cara Merawat Rambut Kribo dengan Tepat 

Menata dan Merawat Rambut Beruban?

Spesifiknya, menata rambut ini tergantung pada panjangnya rambut, ketebalan, dan banyaknya uban yang ada. Namun kamu direkomendasikan untuk memiliki rambut yang pendek.

Untuk perawatan sehari-hari, tentu saja kamu membutuhkan sampo dan conditioner yang tepat. Tak hanya itu, rambut beruban juga sangat mudah rusak karena sinar UV matahari hingga proteksi dari SPV sangat dibutuhkan.

Mencuci rambut setiap hari sangat penting bagi rambut beruban.Sebab akan jauh lebih cepat kotor dengan rambut normal.

Empat Opsi Style Rambut Beruban

Well, kalau kamu sudah mulai pusing karena harus menyemir rambut tiap minggu atau memotongnya agar tak tampak tua, kamu sudah mulai harus menerima nih. Tapi bukan berarti kamu enggak bisa gaya lagi dengan rambut putih ini.

Short Grey Hair

Coba kamu lihat George Clooney. Tetap keren dengan rambut putihnya, kan? Hot daddy banget!

Middle Grey Hair

Sisakan volume pada rambut bagian atas, ini akan membuat kamu sedikit stylish.

BACA JUGA: 5 Tempat Cukur Rambut yang Bikin Kamu Ganteng Maksimal 

Long Grey Hair

Semakin panjang rambut, tentu perawatannya akan semakin banyak juga ya. Minta tukang cukur untuk memainkan sedikit tekstur pada rambut kamu.

Curly Grey Hair

Rambut keriting akan tumbuh dan terbentuk secara alami. Kamu hanya perlu menjaga bagian belakang dan sampingnya.

Semoga informasi ini bikin kamu kamu enggak perlu minder dan pusing lagi soal rambut beruban. Kata siapa tua enggak bisa keren? (Sbg/Rig)

Comments