Ibadah Puasa
Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar tetap semangat saat bekerja sambil menjalankan ibadah puasa.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Bulan suci Ramadhan telah tiba. Selama masa bulan suci ini, umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa yaitu menahan hawa nafsu dari mulai subuh hingga maghrib tiba.

Biasanya, para pekerja kantoran akan menghabiskan sebagian besar waktunya depan layar monitor dan duduk sepanjang hari.

Nah, jika kamu termasuk tipikal orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk duduk dan bekerja, kamu tentu dapat mengatur puasamu agar dapat tetap fit ketika menjalankan ibadah wajib ini.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar tetap semangat menjalankan ibadah puasa.

BACA JUGA: Toxic Employee, Karyawan Beracun yang Bikin Kantor Jadi Runyam 

Jangan Lewatkan Sahur

Seperti halnya sarapan tiap pagi, sahur juga sangat penting untuk menjaga asupan energimu selama berpuasa. Untuk itu, jangan pernah coba lewatkan makan sahur.

Pilihlah untuk mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, pasta, roti atau gandum agar kamu dapat kenyang lebih lama.

Selain itu, kamu juga dapat melengkapi makananmu dengan menyantap sumber makanan kaya protein seperti keju, telur atau daging rendah lemak.

BACA JUGA: Rasa Bahagia Bikin Kamu Lebih Produktif Bekerja

Atur Asupan Pola Makan

Ketahuilah bahwa selama menjalankan ibadah puasa, waktu makanmu menjadi terbatas hanya ketika sahur dan buka puasa.

Dengan demikian, kamu pun harus pandai dalam memilih makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama waktu tersebut. Hal ini akan memengaruhi ibadah puasa yang akan kamu jalani.

Kamu perlu mengatur asupan pola makan dengan makan secukupnya. Makan dalam jumlah yang banyak bukannya dapat membuatmu semangat dalam menjalani hari, tetapi justru akan menyebabkan rasa kantuk yang mampu menghambat kinerjamu di kantor.

Penuhi Kebutuhan Cairanmu Saat menjankan Ibadah Puasa

Selama menjalankan ibadah puasa pastikan kamu telah memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Sebaiknya kamu meminum sekitar 8-12 gelas air putih setiap hari. Hal ini penting untuk kamu lakukan guna menjaga tubuhmu agar tetap terhidrasi dengan baik.

BACA JUGA: Sederet Hal Keren yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Bekerja 

Kelola Stresmu

Bekerja sambil menjalankan ibadah puasa waktu puasa tentu bisa saja menyita waktu dan pikiranmu.

Oleh karenanya, kamu harus pintar dalam mengelola stress karena jangan sampai hal ini malah mengganggumu.

Stress rupanya mampu merusak sistem kekebalan tubuhmu sehingga meningkatkan risikomu terserang penyakit. Untuk itu, pastikan kamu telah mengelola stress-mu dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. (Sbg/Vania)

Comments