Tetap Intim
Banyak pasangan yang keliru alias tidak menyadari bahwa seks bukanlah satu-satunya sarana agar hubungan tetap intim(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Bagi pasutri, aktivitas berhubungan seks setelah menikah adalah aktivitas yang wajar yang bertujuan untuk beregenerasi alias melahirkan generasi penerus dalam garis keluarga serta sebagai cara menjaga  agar tetap intim

Namun, adakalanya seks bukalah jawaban segalanya bagi pasutri untuk menjaga keintiman. Sebab kondisii tetap intim dan seks adalah dua hal yang sangat berbeda.

Menjaga hubungan tetap sehat dan bahagia lah adalah kunci agar pasangan tetap intim yang sesungguhnya.

Menurut terapis Paul Dunion, banyak pasangan berasumsi intimasi dan seks adalah dua hal serupa,  Dunion melihat betapa banyak pasangan yang keliru alias tidak menyadari bahwa seks bukanlah satu-satunya sarana agar hubungan tetap intim

Sebuah hubungan bisa tumbuh dan berubah secara konstan. Namun pasangan dapat menerapkan langkah-langkah berikut untuk merawat  hubungan agar tetap intim tanpa seks.

BACA JUGA: Bukan Cuma Bikin Intim, Aktivitas Berciuman Bikin Tubuh Jadi Kuat

Keterbukaan dan Kontak Mata

Semua hubungan yang kuat memerlukan intimasi emosional dalam kadar tertentu untuk bisa bertahan. Salah satunya ditandai dengan sikap saling terbuka.

Di awal, mungkin Anda merasa mengungkap sisi lain diri terlalu rentan dan berisiko. Namun ikatan yang kuat dapat diciptakan lewat serangkaian pertanyaan tertentu untuk pasangan.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menggambarkan reaksi para partisipan setelah saling melontarkan pertanyaan seperti: “Bagian mana dari hidup yang paling Anda syukuri?” atau “Sebutkan 5 karakteristik positif dari pasangan.”

Senada dengan hal itu, riset lain yang dipublikasikan dalam Journal Cognition menemukan bahwa kontak mata empat menit tanpa bicara dapat memfasilitasi rasa tetap intim.

BACA JUGA: Enam Tanda Hubungan Cinta yang Bikin Bahagia 

Tertawa

Pepatah, lawas yang mengatakan tawa adalah obat mujarab,  adalah benar adanya. Hal itu tak hanya berlaku untuk rasa sedih namun juga dapat menjaga hubunganmu dengan pasangan tetap intim.

Berbagi tawa dapat meningkatkan perasaan dekat karena humor adalah karakteristik yang juga bagian kepribadian.

Saat tertawa bersama seseorang, Kamu akan merasa orang itu begitu memahamimu. Hal ini sudah dibuktikan lewat penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Personal Relationships.

BACA JUGA: Pria dan Wanita Miliki Tujuan Berbeda Saat Berhubungan Intim 

Kemesraan

Jika bisa luangkanlah waktu bemesraan dengan pasangan selama 15 menit saja setiap hari, Dengan begitu maka tubuh dan otak akan memetik efek positif. dan membuat hubunganmu dengan pasangan tetap intim

bermesraan dengan pasangan dapat meningkatnya hormon oksitosin–kerap disebut hormon cinta–yang membantumu mempercayai seseorang dengan lebih baik.

Bermesraan dengan intim juga dapat membuatmu merasa jadi lebih penyayang

BACA JUGA: Empat Hal yang Diinginkan Pria dalam Sebuah Hubungan 

Saling Mencurahkan Isi Hati

Dalam riset yang dipublikasikan di laman Journal of Marital and Family Therapy, metode mengatasi marah–kalem, diskusi rasional, pertengkaran adil, dan berbagi rasa sakit, ketakutan akan rasa sakit–intimasi terbaik ditemukan dalam berbagi perasaan sakit hati daripada memiliki percakapan rasional.

Menunjukkan perasaan, daripada mengkhawatirkan soal menjadi kalem akan membantu pasangan memahami sikap dan perilakumu. Dan terpenting menjaga hubunganmu dengan pasangan tetap intim. (Sbg/Rig)

Comments