Sabigaju.com – Salah satu pengeluaran terbesar adalah terkait kondisi kesehatan. Pada saat tubuh dalam kondisi prima, tak dipungkiri kita seringkali abai dengan urusan kesehatan. Padahal bila telat menyadari kondisi kesehatan, bukan tidak mungkin Anda dihadapkan oleh situasi sulit karena adanya penyakit yang baru diketahui saat sudah parah. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan medical check-up supaya tahu kondisi kesehatan Anda terkini. Berikut ini beberapa daftar tek kesehatan yang harus rutin Anda lakukan. Simak selengkanya ya!

1. Tekanan Darah

Medical check-up tidak selalu harus melakukan seluruh tahapan tes kesehatan. Pasalnya, ada tes kesehatan yang memang sebaiknya rutin dilakukan. Namun, ada pula yang tidak. Salah satu tes kesehatan yang sebaiknya tidak Anda lewatkan setiap tahun adalah tes tekanan darah.

Bila selama ini tekanan darah Anda cenderung tinggi atau terlalu rendah yang bisa memicu masalah kesehatan serius, maka tes tekanan darah sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali. Sebaliknya, bila tekanan darah Anda cenderung normal dari waktu ke waktu, maka melakukan tes setahun sekali tidak masalah.

2. Tes Kesehatan Gigi

Pernahkah Anda tidak merasa mengalami masalah pada gigi, namun tiba-tiba mengalami masalah seperti gigi bolong tanpa disadari? Hindari masalah gigi seperti itu dengan rutin melakukan pemeriksaan. Menurut para ahli kesehatan gigi, melakukan tes kesehatan gigi setiap 6 bulan sekali itu wajib. Terlepas ada tanda-tanda masalah pada gigi dan mulut atau tidak.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan, Anda bisa merawat kesehatan mulut lebih baik lagi. Anda juga bisa melakukan perawatan sambil melakukan tes tersebut. Misalnya, melakukan scalling atau pembersihan karang gigi.

Selain itu, tes kesehatan gigi ini juga bermanfaat untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan yang berkembang di rongga mulut. Ada banyak penyakit yang dimulai dari kesehatan mulut dan gigi. Dengan pemeriksaan ini Anda bisa memastikan apakah ada perkembangan penyakit yang bermanifestasi di rongga mulut atau tidak.

3. Tes Kesehatan Mata

Setuju kan kalau mata adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dan harus kita jaga terus kesehatannya. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tes kesehatan mata setidaknya satu hingga tiga tahun sekali. Apalagi bagi wanita karena umumnya wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena masalah mata seperti deregenerasi makular atau menurunnya fungsi retina mata yang menyebabkan gangguan pada penglihatan.  Nah, apakah Anda selama ini sudah rutin merawat dan melakukan pemeriksaan mata juga?

4. Tes Kesehatan Kandungan Pap Smear

Untuk Anda wanita yang aktif secara seksual sebaiknya rutin memeriksa kesehatan kandungan. Tes ini umumnya dilakukan dengan pap smear. Tujuan dari tes kesehatan yang satu ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada rahim hingga mendeteksi sel kanker. Deteksi kanker dini virus HPV sangat penting untuk mencegah kanker serviks mengingat beberapa tahun terakhir angka kematian wanita karena penyakit kanker serviks meningkat dari waktu ke waktu.

Beberapa tes kesehatan tersebut memang sebaiknya rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali hingga setahun sekali. Nah, apakah Anda sudah rutin menjalankannya? Jika belum, yuk jadikan tes kesehatan ini sebagai list resolusi untuk tahun baru nanti! (Sbg/Er)

Comments