Banyak pria nggak Pede kalah Tubuhnya tidak kekar dan berotot
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Meski para pria  dianggap makhluk yang lebih memiliki kepercayaan diri bila dibandingkan dengan wanita. Tapi, tentu saja ada hal-hal yang juga bisa membuat mereka tidak percaya diri alias nggak pede.

Salah satunya adalah soal gambaran bentuk tubuh. Bentuk tubuh Para laki-laki ideal kerap digambarkan oleh media dengan tampilan kekar dan berotot.

Hal ini pun kerap menjadi pemicu banyak lelaki nggak pede dan tak ingin menjadi lebih kurus, mereka justru ingin menambah berat badan mereka dengan membesarkan otot.

Dan sepertinya itu juga yang membuat kita semakin sering aja kan kita lihat teman-teman kita mengunggah foto mereka di gym sambil melakukan olahraga secara rutin untuk membesarkan otot.

BACA JUGA: Street Workout! Trend bugar yang Bikin Tubuhmu Makin Kekar

PenelItian Pria Terobsesi Tubuh Ideal

Hasil penelitian dari lembaga riset periklanan Credos menyebutkan bahwa pria pun ternyata tak luput dari rasa minder ataupun nggak pede akan tubuhnya sendiri.

Survei menunjukan bahwa Sebanyak 56% responden pria terjangkit sindrom eating disorder, 23% merasa terintimidasi dengan gambaran tubuh pria yang sempurna, dan sebanyak 55% merasa harus melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang sempurna.

Kurang terbukanya pria mengenai  rasa nggak pede terhadap bentuk tubuhnya dapat memperparah kondisi psikis, karena mereka cenderung segan untuk menceritakan kecemasannya.

BACA JUGA: List Makanan yang Dibutuhkan Para Cowok untuk Membentuk Otot Kekar

Nggak Pede  akan Bentuk Tubuh bisa Picu Dismorfia

Lantaran nggak pede  akan tubuh sendiri dan ingin memiliki tubuh ideal alas berotot  membuat banyak pria berolahraga gila-gilaan.

Nah, kamu harus tahu nih berolahraga untuk mendapatkan tubuh atletis dengan cara yang berlebihan sangat berisiko besar untuk kesehatan dan bisa jadi menjadi ke titik awal timbulnya gangguan kesehatan.

Seorang ahli dari University of Queensland, Scott Griffiths, mengatakan istilah penyakit tersebut bernama dismorfia.

Pria yang mengidap  dismorfia , tidak pernah puas dengan bentuk tubuhnya yang sudah berotot dan terus terobsesi agar memperoleh bentuk tubuh yang lebih berotot.

Hal ini membuatnya melakukan latihan terus menerus tanpa batas dan akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan baik secara fisik dan juga mental.

Bahkan, hasil penelitian Christine Morgan, menunjukkan setengah dari laki-laki dengan dismorfia akan mencoba bunuh diri saat mereka merasa gagal.

Nah, lebih baik jika kamu menekuni olahraga yang sesuai dengan minatmu seperti misalnya baseball, tenis, panjat tebing, renang, dan sebagainya.

Tidak jago pun tidak masalah, yang penting fun dan tetap menyehatkan!

BACA JUGA: Bigorexia, Obsesi Tak Sehat Pada Tubuh Kekar Dan Berotot

Apakah Lelaki Harus Berotot?

Para Pria harusnya tak perlu merasa malu ataupun nggak pede  terhadap tubuhnya karena nyatanya itu merupakan hal yang wajar.

Bentuk tubuh tiap orang kan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya ada faktor genetik.

So, gaes, bukan salahmu jika saat beranjak dewasa tubuhmu tidaklah seperti para model atau aktor yang kerap tampil di media.

Ingat ! Bentuk tubuhmu itu bukanlah tolok ukur sebagai seorang laki-laki ya. Kamu tetaplah hebat dengan tubuhmu sendiri. (Sbg/Rig)

Comments