Olahraga bersepeda lantaran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh(Foto: Jonny Kennaugh on Unsplash)
Olahraga bersepeda lantaran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh(Foto: Jonny Kennaugh on Unsplash)

Sabigaju – Begitu banyak orang yang menyukai bahkan rutin melakukan olahraga bersepeda lantaran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh meskipun menguras tenaga sedemikian banyaknya.

Selain itu olahraga bersepeda ternyata dapat juga memberikan manfaat seperti meningkatkan kreativitas, membuat hidup terasa lebih berbahagia karena mood yang stabil, menambah relasi, mengurangi resiko penyakit lainnya seperti kanker payudara, serta tentunya bersepeda lebih praktis dan ekonomis.

Namun yang mengejutkan adalah fakta penelitian yang menyebutkan bahwa rutin bersepeda dapat memperpanjang usia. kok bisa? Berikut ulasannya.

Olahraga Bersepeda Bikin Panjang Usia

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Cell mengungkap bahwa seseorang yang rutin bersepeda cenderung lebih awet muda.

Selain itu, penelitian ini turut menumbangkan anggapan bahwa kekuatan manusia menurun seiring pertambahan usia. Olahraga membuat seseorang lebih sehat pada masa tua karena timbunan lemak dan kolesterol dalam tubuh tetap normal.

Olahraga bersepeda ternyata dapat membuat manusia lebih merasa ahagia dan Panjang Usia(Foto: Rhone on Unsplash)
Olahraga bersepeda ternyata dapat membuat manusia lebih merasa ahagia dan Panjang Usia(Foto: Rhone on Unsplash)

Para pria dengan usia yang lanjut yang gemar bersepeda bahkan memiliki testosteron lebih banyak daripada pria muda pada umumnya. Hasil ini diperoleh setelah para peneliti dari Universitas Birmingham dan King’s College London mempelajari pesepeda amatir, baik laki-laki maupun perempuan.

Obyek penelitian terdiri dari 75 orang berumur 57 hingga 80 tahun dan 55 orang berusia 20 hingga 36 tahun. Para pria harus bisa menempuh jarak 100 kilometer kurang dari 6,5 jam, sementara para wanita dituntut mampu menempuh jarak 60 kilometer dalam waktu 5,5 jam.

Dari penelitian tersebut, ditemukan pula bahwa sel kekebalan tubuh yang dimiliki para pesepeda berusia lanjut rupanya sebanyak yang dihasilkan para pesepeda muda. Padahal, organ yang memproduksi sel kekebalan mengalami penyusutan sejak usia 20 tahun.

Hal Penting Saat Memutuskan untuk Olahraga Bersepeda

Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk memulai olahraga bersepeda, diantaranya adalah:

1. Cek Peralatan

(Foto: Asya Vee on Unsplash)
(Foto: Asya Vee on Unsplash)

Sebelum memutuskan untuk olahraga bersepeda , periksalah terlebih dahulu perlengkapan bersepeda. Pastikan keamanan dan kelengkapan peralatan bersepeda seperti sepatu, pelindung lutut, helm, keamanan sadel, rantai, kepakeman rem, dan handler sepeda.

2. Waktu Bersepeda

(Foto: Tobias Cornille on Unsplash)
(Foto: Tobias Cornille on Unsplash)

Buatlah jadwal latihan tanpa mengganggu rutinitas sehari-hari. Sebaiknya memilih waktu olahraga bersepeda yang tepat seperti di pagi ataupun sore hari.

3. Latihan

(Foto: Santiago Pazos Bordon on Unsplash)
(Foto: Santiago Pazos Bordon on Unsplash)

 

Bersepeda sebenarnya sangat bervariasi. Bisa saja menambahkan tanjakan atau melakukan kayuhan cepat (sprint).

Untuk itu jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda dengan melakukan gerakan ringan yang berguna sebagai relaksasi tubuh.

4. Jarak Tempuh

(Foto: MAX LIBERTINE on Unsplash)
(Foto: Max Libertine on Unsplash)

 

Semakin jauh jarak yang ditempuh, maka semakin banyak kalori yang dibakar oleh tubuh. Namun, sebaiknya meningkatkan jarak tempuh bersepeda dilakukan secara berkala dan bertahap agar ketahanan tubuh tetap stabil.

5. Perhatikan  Kenyamanan Saat Bersepeda

(Foto: Garry Neesam on Unsplash)
(Foto: Garry Neesam on Unsplash)

Dengan rutin bersepeda dan mampu mengatur jadwal latihan, tubuh akan semakin sehat. Jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum bersepeda dan konsumsi air putih yang cukup ketika bersepeda.

Selain itu perlu diperhatikan juga agar kamu jangan sampai melakukan kesalahan ketika memilih pakaian untuk bersepeda. Pilihlah pakaian yang nyaman dipakai dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Selamat mencoba! Ayo kayuh sepedamu. (Sbg/Rig)

Comments