Aanjing Pitbull
Hingga kini banyak orang yang sering keliru lantaran menganggap bahwa anjing pitbull adalah hewan buas dn tak layak dipelihara oleh manusia. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Anjing pitbull hingga kini dikenal sebagai sangat terkenal sebagai hewan peliharaan yang setia kepada manusia atau pemiliknya.

Tapi dibalik dari sifat kesetiaannya, anjing pitbull tetap saja masih mempunyai “insting” buas yang sangat membahayakan.

Seperti yang terjadi baru baru ini dimana seorang satpam diserang seekor anjing pitbull

Seekor pitbull milik warga di kompleks Sawah Besar, Jakarta Pusat menyerang seorang satpam komplek perumahan Hal ini bermula karena si pemilik tidak terima saat ditegur satpam lantaran membawa keluar anjingnya tanpa tali.

Peristiwa ini terjadi di perumahan kawasan Gunung Sahari Utara, Rajawali Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Jumat (14/12) lalu.  Yang jadi pertanyaan adalah apakah Pitbull adalah hewan ganas yang berbahaya bagi manusia?

BACA JUGA::

Yang Membuat Anjing Pitbull Menjadi Ganas

Pada awalnya anjing jenis ini dipelihara untuk menjadi petarung dan penyerang hewan lain seperti banteng.

Anjing pitbull adalah kelompok anjing yang cukup populer karena sangar dan kekuatan fisiknya.  Lantaran itulah pitbull kini banyak peminat yang mencarinya.

Lalu jika ada yang bertanya mengapa pitbull terlihat agesif dan galak? ini kembali kepada bagaimana cara pemiliknya merawat saat mereka masih kecil, jika tujuannya membuat pitbull menjadi anjing petarung maka mereka akan menjadi sangat berbahaya.

Anjing Pitbull
(Foto: Pixabay)

Temperamen pitbull tidak seperti jenis anjing galak lainnya, mereka cenderung memiliki sifat netral dan tidak mudah cepat tersinggung oleh apa yang dilihatnya.

Anjing pitbull juga bisa menjadi anjing yang manis jika dirawat dan dididik dengan baik oleh pemiliknya bahkan jika pemiliknya adalah anak kecil.

Cara terbaik melatih pitbull agar baik dan jinak adalah dengan mengajar mereka sejak dini ( puppy ) agar mereka mengerti bahwa manusia adalah sahabatnya.

Tempramen Anjing Pitbull Tidak Ganas

Menurut riset Temperament Testing Society yang meneliti beberapa sifat tempramen anjing,  pitbull mencapai tingkat lolos uji temperamen sebesar 83.9% ini angka yang fantastis menunjukan bahwa anjing pitbull bukan anjing ganas seperti perkiraan banyak orang.

Anjing Pitbull
(Foto: Unsplash)

Nilai tersebut sama baiknya atau lebih baik daripada Beagle 78.2% dan Golden Retriever 83.2%. ( semakin besar persenan semakin friendly dengan manusia )

Beberapa dari kita mungkin sering mendengar mitos tentang pitbull yang memiliki hidung merah lebih ganas dari pada pitbull lain. Sebenarnya red nose itu terjadi karena varian ini tidak memiliki pigment sempurna dan hal ini bukanlah faktor penyebab pitbull menjadi galak. (Sbg/Rig)

Comments