Menggunakan AC
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Cuaca panas yang belakangan ini melanda Tanah air membuat banyak orang yang menggunakan AC (air conditioner) untuk menyejukkan ruangan dari suhu yang sangat panas, AC bahkan menjadi sebuah kebutuhan tersendiri.

Dengan menggunakan AC bisa membuatmu dengan mudah menyetel suhu sesuai dengan yang diinginkan saat cuaca panas datang.

Meskipun meningkatkan kenyamanan di cuaca panas, menggunakan AC dalam rentang waktu yang cukup lama selain bikin jebol dompet untuk membayar listrik hal itu dapat menimbulkan sejumlah efek yang merugikan kesehatan tubuh. Berikut ulasannya.

Mata Kering

Menggunakan AC dalam rentang waktu yang lama  bisa membuat kondisi mata menjadi kering,  Mata kering akan terasa lebih gatal dan mengalami iritasi.

Orang-orang dengan sindrom mata kering lebih baik untuk tidak berada di tempat ber-AC terlalu lama.

BACA JUGA: Cuaca Panas Landa Indonesia, Waspada Serangan Heat Stroke 

Kulit Kering

Kulit kering dan gatal adalah kondisi normal bagi orang-orang yang duduk di ruangan ber-AC terlalu lama. Paparan yang berlebih terhadap AC bersama dengan paparan matahari dapat membuat kulit menjadi kering dan gatal.

Kulit dapat kembali menjadi normal setelah beberapa jam berada di luar, tetapi kulit kering dapat bertahan lebih lama dari biasanya.

Dehidrasi

Tingkat dehidrasi lebih tinggi di ruangan dengan AC jika dibandingkan dengan ruangan-ruangan atau tempat-tempat lainnya.

AC menyedot lebih banyak kelembapan dari ruangan sehingga orang yang berada di ruangan tersebut akan mengalami dehidrasi.

BACA JUGA: Waspada! Cuaca dan Suhu Udara Panas Punya Dampak Bagi Kesehatan

Masalah Pernapasan

Berada di tempat dengan AC dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan masalah-masalah pernapasan pada hidung, tenggorokan, dan mata. Seringkali orang-orang mengalami tenggorokan kering, rhinitis, dan penyumbatan hidung.

Rhinitis adalah kondisi yang menyebabkan inflamasi dari membran lendir dari hidung. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau reaksi alergi.

Asma dan Alergi

AC dapat memperburuk kondisi pada orang yang memiliki asma atau alergi-alergi. Bagi beberapa orang yang sensitif, tinggal di dalam ruangan dapat membantu menjaga dari polutan.

Namun, bagi sebagian lainnya mungkin sebaliknya. Jika AC tidak dibersihkan dengan baik, penggunaannya dapat meningkatkan risiko yang memicu semakin buruknya asma dan alergi-alergi.

Penyakit Infeksi Virus

Terlalu berada di ruangan dengan AC juga dapat mengakibatkan keringnya bagian hidung. Iritasi pada membran lendir juga dapat terjadi. Ketiadaan lendir pelindung dapat membuat kerentanan terhadap infeksi virus meningkat.

BACA JUGA: Waspada! Polusi Dalam Ruangan Lebih Berbahaya 

Sakit kepala dan Lesu

Selain bisa membuat orang mengalami dehidrasi menggunakan  AC  dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain.

Ketika memasuki ruangan berpendingin dan keluar dari ruangan tersebut atau ketika pergi ke luar ruangan setelah berada di ruangan berpendingin terlalu lama, ada kemungkinan orang tersebut akan mengalami sakit kepala.

Menggunakan AC terlalu lama juga dapat menimbulkan dampak yang sangat negatif.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan n AC dalam waktu yang lama juga banyak membuat orang mengeluh lesu. (Sbg/Rig)

Comments