Terlalu Banyak Duduk
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Manusia modern bisa dikatakan terlalu banyak duduk. Mulai dari duduk seharian di depan layar laptop, komputer intens menggunakan ponsel, duduk untuk makan siang.

Belum lagi sisa waktu digunakan untuk duduk di kendaraan sambil bermacet-macetan. dan duduk dirumah beristirahat di rumah, duduk makan malam.

Nah, tanpa disadari seseorang yang terlalu banyak  duduk tanpa perengangan setiap 2 jam sekali, bisa mengalami serangan cervical syndrome hingga harus menjalani perawatan fisioterapi.

Yup kita akan bahas cervical roots syndrome alias dampak buruk lantaran terlalu banyak duduk yang dilakukan seseorang.

BACA JUGA: Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Otak Manusia 

Kenali Gejala Cervical Syndrome

Cervical roots syndrome merupakan serangkaian gangguan yang disebabkan oleh adanya perubahan pada tulang belakang dan jaringan lunak yang mengelilinginya, sehingga menekan saraf tulang belakang dan menimbulkan rasa nyeri.

Penyakit ini umumnya menyerang orang yang berusia senja. Lebih dari 85 persen pasien cervical syndrome adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun.

Namun, penerapan gaya hidup terlalu banyak duduk membuat penyakit ini mulai banyak mengintai orang yang lebih muda. Terutama karyawan yang bekerja di depan layar sepanjang hari.

Gejala utama dari cervical roots syndrome adalah nyeri di bagian belakang tubuh, dari leher belakang, pundak, hingga ke punggung.

Rasa nyeri inilah yang akhirnya akan meningkatkan ketegangan otot di bagian belakang leher, membatasi gerak leher, serta menyebabkan gangguan seperti telinga berdengung, sakit kepala, dan penglihatan yang kabur.

BACA JUGA: Peregangan Penting Buat Kamu yang Duduk Seharian di Kantor 

Mengantisipasi Cervical Roots Syndrome

Untuk menghindari cervical roots syndrome, sebaiknya kamu  memperbaiki postur tubuh ketika duduk di depan komputer.

Kamu sebaiknya duduk dengan posisi punggung tegak dan pandangan lurus ke depan, serta hindari posisi terlalu menyandar ataupun terlalu bungkuk karena bisa merubah struktur tulang belakang.

Nah untuk itu  posisi komputer jangan terlalu rendah dan jangan terlalu sering menunduk saat melihat ponsel.

BACA JUGA: Keasyikan Main Game Waspada Serangan Motion Sickness 

Selain itu jangan lupa agar meluangkan sedikit waktu untuk   melakukan gerakan peregangan setiap dua jam sekali.

Meskipun terlihat sepele, namun ini adalah hal yang penting untuk menjaga tubuh tidak tegang dan bebas dari stres dan mengantisipasi diri kita agar tidak mengalami serangan cervical roots syndrome.

Dan yang terpenting kurangi terlalu banyak duduk yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments