jamur enoki kini ramai dibcarakan lantaran terkait penyakit listeria
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Jika kamu penggemar santapan ataupun kuliner yang berasal dari jamur enoki, untuk sementara waktu kamu sebaiknya menghentikanj dahulu kebiasaan itu

Pasalnya Jamur Enoki kini tengah menjadi pembicaraan berbagai kalangan lantaran di duga mengandung bakteri yang menyebabkan penyakit listeria.

Hal ini terungkap setelah sejumlah warga Amerika meninggal akibat penyakit ini semenjak Maret 2020 lalu. Apa itu penyakit Listeria? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Listeria

Dalam laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC) listeria atau listeriosis adalah infeksi serius yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes.

Bakteri ini umumnya datang lewat makanan yang kamu konsumsi dan diperkirakan setiap tahunnya ada 1.600 orang di Amerika yang terkena dengan angka kematian mencapai 260 kasus.

Listeria paling sering menyerang perempuan hamil dan anak kandungannya serta orang-orang lanjut usia yang sudah berumur di atas 65 tahun atau pun mereka yang terkena penyakit autoimun. Datanya menyebutkan satu dari lima kasus infeksi besar kemungkinan meninggal dunia.

BACA JUGA: Hindari Konsumsi Garam Berlebih Saat Pandemi Corona

Gejala

Seseorang yang terkena listeria bisa mengalami demam, nyeri otot, dan kadang-kadang timbul gejala mual atau diare. Jika infeksi sudah menyebar ke sistem saraf, akan timbul gejala lain seperti sakit kepala, leher terasa kaku, kebingungan, kehilangan keseimbangan, hingga kemungkinan kejang.

Nah, listeria juga kerap menyerang perempuan hamil. Biasanya mereka akan merasakan pengalaman seperti terkena flu. Lelah dan otot terasa pegal Tetapi bagi kandungan yang dibawanya, infeksi bakteri itu mampu menyebabkan keguguran hingga kelahiran prematur.

BACA JUGA: Sederet Kombinasi Kuliner Terlarang untuk Kamu Konsumsi 

Bersembunyi dalam Makanan

Listeria sering datang lewat makanan tidak higienis yang kamu konsumsi.CDC memberikan sejumlah daftar makanan yang umum menyalurkan bakteri ini ke tubuhmu.

Ada pun itu adalah keju lembut, kecambah mentah, melon, hot dog dan daging beku lainnya, susu mentah, mkanan yang didinginkan dalam waktu lama hingga seafood mentah ataupun ikan asap.

Ini membuktikan listeria tidak hanya ada di jamur enoki saja, tetapi juga di makanan lain.

So, Jika kamu ingin memakannya, pastikan makanan ini telah dimasak dengan matang atau dibersihkan sedemikian rupa.

Untuk mencegah infeksi penyakit ini, bisa dengan memperlambat pertumbuhan bakteri L. monocytogenes dengan mengatur kulkas hingga 4 derajat Celcius dan freezer hingga -18 derajat Celcius.

Hal ini penting untuk dciperhatikan sebab umumnya gejala akan muncul dari penyakit ini biasanya muncul satu hingga empat minggu setelah memakan makanan yang mengandung listeria.

BACA JUGA: Jangan Konsumsi Makanan InI, Jika Tak Ingin Dihantui Mimpi Buruk

Proses Penangananan

Infeksi listeria dapat berlangsung sekitar satu minggu hingga sekitar enam minggu, tergantung pada tingkat keparahan infeksi.

Pengobatan infeksi listeria bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan gejalanya. Kebanyakan orang dengan gejala ringan tidak memerlukan perawatan. Infeksi yang lebih serius dapat diobati dengan antibiotik. (Sbg/Rig)

Comments