Toxic Relationship
Tanpa disadari banyak pria yang terjebak dalam sebuah situasi hubungan yang tak sehat yang bernama toxic relationship. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Sebagai makhluk Sosial, Manusia sudah pasti hidup dengan orang lain. Akan selalu ada suatu kondisi yang membutuhkan bantuan atau sekadar berinteraksi dengan orang lain.

Hubungan yang dijalani pun beragam, mulai dari keluarga, pertemanan, pasangan, atau rekan kerja.

Akan tetapi, tidak semua hubungan yang dimiliki manusia merupakan hubungan yang sehat terkadang tanpa disadari seseorang terjebak dalam sebuah toxic relationship.

Terjebak Toxic Relationship

Yup.Hubungan tidak sehat adalah hubungan yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri atau orang lain. Seseorang yang terjebak dalam toxic relationship dapat menyebabkan terjadinya konflik batin dalam diri.

Beberapa dari kamu tidak menyadari potensi toxic dalam hubungan yang kamu miliki. Toxic yang dimaksud bukan berarti seluruh pribadi seseorang menjadi toxic, tetapi bagaimana perilakunya atau hubunganmu dengan dia yang tergolong toxic.

Toxic Relationship
Membiarkan diri kita terjebak dalam sebuah Toxic Relationship adalah tidak bijak karena sangat merugikan diri kita. (Foto Unsplash)

Mungkin kamu pernah mengalaminya secara langsung. Memiliki seorang teman yang hanya ingin didengarkan dan mencarimu di saat dia kesusahan, tetapi dia tidak pernah mendengarkan kisahmu dan melupakanmu di saat bahagia.

Di sisi lain, mungkin kamu memiliki pasangan tapi tidak pernah menghargaimu. Dia malah berbuat sesukanya asal keinginannya tercapai, selalu menyalahkan dirimu kalau terjadi masalah, bahkan berani bertindak kasar padamu.

Banyak orang terjebak dengan cinta dan kebahagiaan sesaat dalam menjalani hubungannya. Kemudian, rasa takut akan kesepian karena ditinggal pergi orang lain turut menjadi alasan sulitnya mengakui sedang dalam hubungan tidak sehat tersebut.

Tanpa disadari, munculnya rasa ketergantungan antar satu sama lain menjadi alasan wajar untuk terus menjalani toxic relationship ini.

Cara mengakhiri Toxic Relationship

Membiarkan dirimu terjebak dalam toxic relationship bukanlah sebuah keputusan yang bijak dalam menjalani kehidupan.

Hal ini sama saja seperti melupakan untuk menyayangi dirimu sendiri. Nah Sabigaju mau beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengakhiri toxic relationship.

1. Kenali gejala-gejala stres pada dirimu. Apakah kamu sering merasa lelah, jatuh sakit belakangan ini? Jika ya, tanyakan pada dirimu apakah kamu ingin tetap berada dalam hubungan yang seperti itu?

2. Cari tahu, pahami mengenai hubungan yang sehat dan bertumbuh itu seperti apa.

3. Terima dan akui jika memang kamu berada dalam hubungan yang tidak sehat. Menutupi atau berusaha membenarkan hubunganmu tidak akan membuat hubungan mu semakin menyenangkan. Kamu hanya menunda waktu.

4. Maafkan dia yang membawamu ke dalam hubungan toxic relationship, lupakan dendam dan mari melangkah maju.

5. Tak perlu berharap bisa memperbaiki hubungan dengannya, percayalah ini jalan terbaik.

6. Ada banyak pihak yang dapat membantumu. Bicarakan tentang hubunganmu dengan orang yang dapat kamu percayai.

Dengan cara ini kamu dapat mengetahui sudut pandang lain tentang hubunganmu. Jika kamu perlu bantuan ke psikolog, carilah psikolog untuk membantumu keluar dari hubungan tidak sehat tersebut. (Sbg/Rig)

Comments