Sabigaju.com – Tanggal 1 Maret merupakan tanggal yang spesial untuk para transgender. Ya, hari ini dinyatakan sebagai International Transgender Day of Visibility. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai International Transgender Day of Visibility.

Apa Itu International Transgender Day of Visibility?

International Transgender Day of Visibility adalah acara tahunan yang dirayakan pada tanggal 31 Maret serta didedikasikan untuk memberikan perayaan bagi orang-orang transgender. Perayaan ini juga demi meningkatkan kesadaran akan diskriminasi yang dihadapi oleh seluruh transgender di seluruh dunia. International Transgender Day of Visibility diusung oleh aktivis transgender dari Amerika Serikat yaitu Rachel Crandall pada 2009. Acara ini merupakan sebuah reaksi atas sedikitnya hari libur untuk LGBT.

Pada waktu itu, satu-satunya hari libur yang dikhususkan bagi para LGBT adalah Transgender Day of Remembrance. Hari tersebut dijadikan peringatan berduka cita atas pembunuhan para transgender, tetapi tidak mengakui dan merayakan anggota komunitas transgender yang masih hidup. International Transgender Day of Visibility pertama kali diadakan tanggal 31 Maret 2009.

www.hrc.org
Yang Bisa Kamu Lakukan pada International Transgender Day of Visibility

Mengutip dari laman Transstudent.org, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan pada saat International Transgender Day of Visibility. Salah satunya adalah jangan jauhi teman-teman transgendermu. Setiap orang, termasuk transgender, memiliki hak untuk memiliki kehidupan sosial yang layak seperti halnya orang-orang lainnya. Namun, terkadang beberapa rekan transgender tidak begitu ingin terlihat ‘nyata’ sehingga lebih baik jika kamu bertanya bagaimana kamu bisa nyaman memperlakukan mereka.

Selain itu, kamu juga sebaiknya mengenali perbedaan antara identitas gender, gender expression, jenis kelamin saat kelahiran, physically attracted to dan emotional attracted. Ketahuilah untuk selalu merujuk transgender sesuai dengan identitas gender mereka, bukan dari jenis kelamin saat kelahiran. Hal ini akan membuat mereka merasa lebih nyaman. Identitas gender terdiri atas female/woman/girl, male/man/boy serta lainnya. Sedangkan gender expression terdiri atas feminine dan maskulin. Jenis kelamin saat kelahiran dibagi atas female, male dan lainnya. Lalu, ketertarikan secara fisik maupun emosional terdiri atas women, men, dan lainnya.

Fakta menarik lainnya dari International Transgender Day of Visibility adalah banyak transgender berpartisipasi pada kampanye media sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Instagram pada tahun 2015. Mereka memposting selfie, cerita pribadi serta statistik mengenai isu transgender dan beragam hal lainnya untuk meningkatkan kesadaran atas keberadaan transgender. (Sbg/Van)

Comments