Silaturahmi
Saat ini teknologi sudah sangat memudahkan masyarakat di berbagai penjuru dunia untuk berkomunikasi dan saling silaturahmi. (Foto: scroll.in)

Sabigaju.com – Silaturahmi alias menjaga, memperbaiki dan mempertahankan hubungan dengan keluarga dan kerabat adalah salah satu aktifitas yang patut untuk dilakukan di Bulan Ramadhan.

Untungnya, saat ini teknologi sudah sangat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi dan bersilaturahmi.

Lewat berbagai layanan komunikasi di zaman sekarang, kita seakan tak lagi membutuhkan interaksi tatap muka setiap saat.

BACA JUGA:  Aplikasi Islami yang Pas Buat Menemanimu Di Bulan Ramadhan

Lewat kehadiran Skype yang dapat diandalkan, membuat kita  bisa mengobrol melalui video jika ingin bertemu kerabat meski terpisah dengan jarak yang jauh.

Ketika kamu ingin berbincang, Whatsapp bisa menjadi pilihan. Tinggal ketikan pesan yang ingin  kamu sampaikan atau jika ingin dengar suara orang terdekatmu bisa menggunakan fitur Whatsapp Call. Semua jadi mudah dan praktis.

Lantas apakah dalam 10 hingga 15 tahun mendatang, silaturahmi yang selama ini terjalin dengan cara tradisionil  misalnya lewat kewajiban mengunjungi rumah kerabat masih akan berlanjut?

BACA JUGA:  Chanel YouTube Islami Keren Buat Menemanimu di Bulan Ramadhan

Pentingnya Interaksi

Menurut seorang psikolog Susan Pinker menjelaskan pentingnya interaksi alias komunikasi tatap muka secara langsung dalam kehidupan antar manusia.

Menurutnya dengan bertatap muka, ternyata mampu melepaskan banyak hormon positif serta zat neurotransmitter baru ke aliran darah di seluruh tubuh. Hal ini akan mengurangi stres, sehingga kita bisa membangun rasa percaya kepada orang-orang di sekeliling kita.

Memang  teknologi tak dapat menggantikan kekuatan silaturahmi dan interaksi tatap muka secara langsung, namun,  bukan berarti keduanya tak bisa berjalan beriringan.

BACA JUGA:  Aturan Berbuka Puasa yang Optimal Menurut Pakar Gizi

Membina Silaturahmi 

Sebab ada kemungkinan di kemudian hari, teknologi semakin maju dan silaturahmi dengan tatap muka semakin sulit karena  berbagai faktor.

Oleh karena itu, teknologi bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi. Satu hal yang patut dicatat adalah perintah untuk bersilaturahmi bersifat umum, yang bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Silaturahmi tidak harus menempuh jarak yang begitu jauh, memakan beberapa malam dan menghabiskan energi di jalanan.

BACA JUGA: Keseimbangan, Kunci Utama Hidup Bahagia 

Lewat Whatsapp, SMS, telpon hingga jejaring sosial hingga aplikasi-aplikasi canggih, kita mampu untuk menyapa manusia lainnya di belahan dunia lain menjadi alternatif dan cara baru dalam menjalin silaturahmi.

Dan tentunya kita sebagai umat Islam, hendaknya menggunakan fasilitas ini dengan bijak dan beradab, sehingga silaturahmi yang kita jalin meskipun jauh tetap bernilai.Dan hal ini sangat selaras dengan ajaran Islam.

Sekarang, tinggal bagaimana membina silaturahmi yang sudah ada berjalan dengan baik. (Sbg/Rig)

Comments