Tas Ransel
Kebiasaan membawa tas ransel dengan beban berat bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tulang. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu item fashion yang kerap di gunakan setiap hari oleh kaum pria kantoran hingga siswa sekolah dasar adalah tas ransel alias backpack.

Lantaran dapat menampung barang lebih banyak, tas ransel juga memudahkan ruang gerakmu saat mobilitasmu sedang tinggi! Plus, dengan membawa backpack kamu takkan menaruh beban hanya di satu sisi tubuh yang akan membuatnya berat sebelah.

Sayangnya banyak pria yang menyadari kalau kebiasaan memanggul tas ransel dengan beban terlalu berat ternyata bisa membuatmu sakit bahkan terbaring di ruang gawat darurat.

BACA JUGA:

 

Pengaruh Terhadap Punggung

Menurut Dr. Charla Fischer, ahli bedah tulang belakang di NYU Langone’s Spine Center mengatakan bahwa memanggul tas punggung dengan beban yang berat bisa memberi efek menyakitkan pada otot punggung dan tulang belakang.

“Tas punggung adalah salah satu penyebab dari sakit punggung yang banyak dikeluhkan saat ini,” ujar Fischer dilansir dari NYPost.

Tas Ransel
(Foto: Pexels)

Untuk mengarah pada temuan ini, Fischer mencoba membuat semua pasiennya mengurangi berat tasnya hingga 1,5 kilogram. Menurutnya, tas-tas punggung saat ini memiliki berat hingga 1 kilogram, belum termasuk beban yang dimasukkan ke dalamnya.

Fischer mengatakan, beban 1,5 kilogram di atas punggung dapat menimbulkan kerusakan dengan menekan cakram tulang belakang dan mengarah pada cedera stres berulang, ketegangan otot, bahkan nyeri punggung kronis.

Sementara beberapa dokter menganjurkan untuk membawa tidak lebih dari lima kilogram, Fischer mengatakan beban seberat tiga kilogram sudah merupakan batas yang ideal.

Begini Cara Tepat Membawa Tas Ransel

Fischer sendiri merekomendasikan bagi Kita cara yang pas untuk membawa tas ransel

1. Letakan  di Bawah atau Taruh di Rak

Jangan memanggul tas ransel dengan beban berat saat menunggu angkutan umum atau ketika harus berdiri di kereta kereta. baiknya tas di taruh di lantai ataupun ditaruh dirak.

2. Nggak Usah  Bawa Barang yang Tidak Penting

Pilah dengan seksama barang apa saja yang sebaiknya dibawa dan barang apa saja yang seharusnya ditinggal di rumah.

3. Kenakan di Kedua Bahu

Jangan membawa tas ransel dengan beban berat di satu bahu saja. Hal itu dapat membuang penjajaran tulang belakang, yang menyebabkan rasa sakit. Kenakan ransel di kedua bahumu

4. Pikirkan Kenyamanan

Hindari mengenakan ransel dengan tali yang tipis. Pilih ransel dengan tali yang memeluk punggung bagian bawahmu dan berjalan di sekitar pinggul atau perut untuk mendapatkan dukungan pinggang.

4. Jangan Bebani Punggung

Jika tali ransel terlalu tinggi, maka dapat menjepit ototmu. Tetapi jika terlalu rendah, distribusi berat dapat menyebabkan masalah punggung jangka panjang.

Bagian atas ransel harus sejajar dengan bagian atas tulang belikat. Jika Anda membawa botol air, pertimbangkan untuk menyimpannya di bagian utama tas daripada di samping untuk menjaga distribusi berat yang sama. (Sbg/Rig)

 

Comments