Tanpa Smartphone
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Manusia saat ini bisa dibilang  tidak bisa hidup tanpa smartphone mereka. Bahkan sejak bangun tidur, alat komunikasi itu tak jarang menjadi yang pertama disentuh.

Kehadiran smartphone dengan segala kecanggihannya memudahkan banyak hal bagi manusia.

Smartphone kini seakan menjelma sebagai kebutuhan primer setiap manusia. Segala sesuatunya bisa dilakukan dengan mudah, ditambah dengan koneksi internet yang semakin menunjang kebutuhan seseorang. Gak cuma itu saja, smartphone juga bisa menjadi teman penghiburmu di kala bosan.

Lantas, pernahkah terlintas di benak bisakah kamu menjalani kehidupan ini tanpa smartphone?

BACA JUGA: Durasi Penggunaan Gadget dan Serangan Trigger Finger

Evolusi, Manusia Tak Bisa Hidup Tanpa Smartphone

Dalam penelitian berjudul How your smartphone is affecting your relationship yang dipublikasikan juga dalam Science Daily itu, diungkap bahwa ketergantungan manusia dengan telepon pintar adalah karena sejarah evolusi manusia.

Para peneliti David A Sbarra dari Departemen Psikologi Universitas Arizona serta Julia L Briskin dan Richard B Slatcher dari Departemen Psikologi Universitas Negeri Wayne, Detroit, AS mencari penjelasan mengapa manusia begitu tertarik pada smartphone, sampai-sampai membuat mereka menarik keluar dari momen hubungan dekat antarmanusia.

“Hal itu karena sejarah evolusi kita,” tulis mereka dalam laporan penelitian.

Manusia terprogram untuk terhubung dengan orang lain. Dalam perjalanan sejarah evolusi, manusia mengandalkan hubungan erat dengan jaringan kecil keluarga dan teman untuk bertahan hidup sebagai individu dan sebagai spesies.

BACA JUGA: Hentikan Kebiasaan Mengecek Smartphone Saat Bangun Tidur 

Hubungan ini didasarkan pada kepercayaan dan kerja sama yang dibangun ketika orang mengungkapkan informasi pribadi tentang diri mereka sendiri dan responsif terhadap orang lain.

Sbarra tidak percaya kalau telepon pintar semuanya buruk. Faktanya, ia dan rekan-rekannya mengakui bahwa perangkat itu menawarkan beberapa manfaat bagi manusia.

Dia mencontohkan manfaat smartphone bagi kesehatan dan kesejahteraan, dan mengirim pesan singkat memberi banyak pasangan rute untuk terhubung dengan cara yang bermakna.

Smartphone Merampas Hidup Manusia?

Terkait pertanyaan apakah manusia bisa hidup tanpa smartphone, sebuah penelitian dari YouGov menyebutkan bahwa mayoritas orang Inggris tidak dapat bertahan tanpa memeriksa ponsel mereka ketika sedang makan malam di rumah.

Penelitian tersebut juga mengungkap kecanduan warga Inggris yang meningkat terhadap perangkat seluler dan bagaimana hal itu mengubah interaksi manusia.

Russell Feldman, direktur penelitian digital, media, dan teknologi di YouGov mengatakan, ponsel telah mengambil alih hidup manusia.

BACA JUGA: Dampak Mengerikan Sering Main Smartphone di Toilet

“Ini menunjukan bahwa ponsel pintar mengambil alih hidup kita. Di seberang daratan, pemandangan kepala membungkuk di atas layar kecil sekarang ada di mana-mana,” kata Feldman.

“Tapi apa yang ditunjukkan oleh penelitian kami adalah seberapa melekatnya ponsel dengan manusia dan mungkin bahkan tanpa disadari,” jelasnya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dua pertiga pengguna ponsel atau 65 persen pengguna ponsel memeriksa ponsel mereka saat berada di tempat tidur.

Hm, sepertinya memang sungguh sulit bagi manusia  saat ini untuk hidup tanpa smartphone Kamu sendiri apakah termasuk manusia yang bisa hidup tanpa smartphone? (Sbg/Rig)

Comments