PlayStation 5
Sony PlayStation 5 dikabarkan akan mulai dipasarkan pada tahun 2020 mendatang.

Sabigaju.com – Belum lama ini warganet ramai membicarakan ‘ramalan’ para analisis yang menyebut jika PlayStation 5 (PS5) bakal meluncur dalam waktu dekat.

Dilansir Ubergizmo baru baru ini, analis dari perusahaan Jepang Ace Economic Research Institute, Hideki Yasuda, memprediksi kalau PS5 bakal diumumkan Sony pada akhir 2019.

Menurut Yasuda, meski diumumkan pada akhir 2019, bukan berarti Sony akan langsung memasarkan console game PlayStation generasi kelima itu pada periode tersebut.

Analisis yang dikeluarkan Yasuda bukan tanpa alasan. Banyak pihak menganggap console game PS4 kini sudah memasuki tahap akhir siklus hidupnya. Hal itu nampaknya yang membuat sejumlah pihak berspekulasi bahwa waktu lahirnya PS5 sudah semakin dekat.

Menyingkap Problem Utama PlayStation 5

Namun, analisis Hideki Yasuda belum sepenuhnya benar sebab klaim lain justru menyebut, Sony baru akan mengapalkan PS5 mulai awal 2020.

Sebelumnya diwartakan, PS5 bakal mengusung prosesor dan GPU (kartu grafis) yang dirancang secara khusus oleh AMD, yakni Zen dan Navi.

PlayStationn 5
Terdapat kolaborasi dengan pihak AMD dalam hal prosesor untuk dapur pacu milik PlayStation 5 nantinya.

Kolaborasi Sony dengan AMD untuk GPU Navi memang sudah lama beredar di internet, atau lebih tepatnya semenjak Raja Koduri menjabat sebagai bos Radeon Technologies Group.

Laporan juga tidak menyebutkan secara detail apakah AMD akan merakit System-on-Chip (SoC) khusus berbasis chipset Zen atau Sony akan menggunakan komponen lain untuk ‘otak’ konsol PS5 itu.

Hingga saat ini, masih belum juga diketahui apakah GPU yang terpasang di konsol PS5 akan terintegrasi atau terpisah.

Sayangnya, perusahaan asal Jepang tersebut masih belum buka suara. So, sepertinya kecil kemungkinan deh kalau PS5 akan muncul di pasaran dalam waktu dekat ini.

Sony PlayStation 5 Bertenaga Setara PC

Menurut Yasuda, salah satu penyebab penundaan peluncuran PS5 adalah karena kekurangan komponen. Komponen akan datang dalam bentuk kapasitor keramik monolitik yang digunakan mobil dan juga dalam model smartphone yang lebih canggih.

Sempat beredar desas-desus yang menyebut hardware yang terpasang di PS5 kemungkinan bakal mengusung dapur pacu setara PC (personal computer) berkartu grafis Nvidia GeForce GTX 1070 atau AMD Vega.

Namun, Sony masih berkutat dengan PS4. Terlebih mereka baru saja merilis edisi terbatas PS4 Pro. Produk tersebut dirilis untuk merayakan penjualan produk PS4 yang melampaui angka 500 juta dolar, tepatnya 525,3 juta dolar.

Penjualan konsol edisi PS4 Pro ini akan dikeluarkan secara terbatas dengan jumlah 50.000 unit konsol yang akan disebar ke seluruh dunia. (Sbg/Rig)

Comments