Walaupun hingga kini VW Kodok masih punya banyak penggemar di seluruh dunia, namun, mobil ini bakal berhenti diproduksi pada 2019 mendatang. (Foto Instagram vw)
Walaupun hingga kini VW Kodok masih punya banyak penggemar di seluruh dunia, namun, mobil ini bakal berhenti diproduksi pada 2019 mendatang. (Foto Instagram vw)

Sabigaju.com – Mobil Volkswagen (VW) Beetle merupakan salah satu mobil ikonik bersejarah yang mewarnai perjalanan industri otomotif dunia. VW Beetle sendiri di Indonesia dikenal sebagai VW Kodok.

Sejarah VW Kodok berawal dari 1930-an silam. Saat itu, diktator Adolf Hitler meminta Ferdinand Porsche membuat ‘mobil rakyat’. VW Kodok lalu diluncurkan pada 1938 sebagai simbol dari ‘kelahiran kembali’ Jerman sebagai negara industri setelah Perang Dunia Kedua.

Meski hingga kini VW Beetle masih punya banyak penggemar di seluruh dunia, namun mobil ini bakal berhenti diproduksi pada 2019 mendatang. Apa alasannya? Simak ulasannya berikut ini!

VW Kodok Bakal Luncurkan Model Pamungkas

Dilansir dari Autocar.co.uk, manajemen Volkswagen akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi model ikoniknya, VW Kodok. Keputusan ini diambil mulai tahun depan dengan menghadirkan dua edisi spesial menyambut penghentian produksi model tersebut.

Salah satu model pamungkas VW Kodok yang akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang adalah Beetle Final Edition (Foto media.vw.com)
Salah satu model pamungkas VW  Beetle yang akan diluncurkan pada tahun 2019 mendatang adalah Beetle Final Edition (Foto media.vw.com)

Kedua varian Beetle tersebut diambil dari generasi ketiga yang pertama kali dihadirkan pada 2011. Keduanya akan lahir dari lini produksi Volkswagen di Mexico. Kedua model spesial ini akan diberi nama Final Edition SE dan Final Edition SEL.

Perubahan yang diberikan termasuk warna khusus, beberapa fitur tambahan yang ekslusif diberikan pada kedua model dan trim interior yang tidak ditemui pada model biasa.

Model pamungkas lain yang akan diluncurkan oleh VW kodok adalah Beetle Convertible Final Edition. (Foto media.vw.com)
Model pamungkas lain yang akan diluncurkan oleh VW  Beetle adalah Beetle Convertible Final Edition. (Foto media.vw.com)

“Kehilangan Beetle setelah tiga generasi, hampir tujuh dekade, akan membuat fans Beetle terharu. Setelah kita bergerak ke produsen otomotif yang lebih fokus pada mobil keluarga serta menyambut strategi untuk masuk ke kendaraan listrik, memang tidak ada rencana untuk menggantikan Beetle,” ucap CEO Volskwagen Group Amerika Hinrich Woebcken.

Beralih Ke Mobil Listrik

Namun, Woebcken percaya bahwa pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg tersebut tidak 100 persen ‘menutup pintu’ bagi VW Kodok. Ia menilai bisa saja di masa depan VW Kodok dihidupkan kembali dengan bermodalkan sistem penggerak listrik.

“Jangan pernah katakan ‘tidak akan pernah’,” tandasnya.

Manajemen Volkswagen akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi model ikoniknya, Beetle. (Foto Instagram vw)
Manajemen Volkswagen akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi model ikoniknya, VW Beetle. (Foto Instagram vw)

Edisi New Beetle yang lebih modern diperkenalkan pertama kali pada tahun 1997 silam, dengan menggunakan platform VW Golf. Meski demikian, angka penjualan tipe terbaru VW Kodok itu terus-menerus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Pihak Volkswagen sendiri sempat memperlihatkan konsep kendaraan listrik yang diberi nama ID Buzz electric. Konsep ini mengambil bentuk VW Type 2 Transporter yang sempat hadir pada tahun 1949. Model inilah yang diprediksi akan diproduksi pada 2022 mendatang.

Nah, kamu sendiri berminat enggak memiliki koleksi terakhir dari VW Kodok yang sepertinya bakal diburu oleh jutaan pecintanya di seluruh dunia, Sob? (Sbg/Rig)

Comments