Ilustrasi PHK
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com –  Pandemi COVID-19 menjadi pukulan berat bagi pengusaha. Banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ataupun merumahkan karyawannya.

Sejauh ini Kementerian Tenaga Kerja mencatat sebanyak 74.430 perusahaan yang merumahkan pekerja dan PHK dengan jumlah pekerja/buruh/tenaga kerja sebanyak 1.200.031 orang akibat pandemi virus corona.

Nah, jika kamu korban PHK sementara lowongan kerja juga sepi akibat musim pandemi COVID-19. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan

Membuat Rencana ke Depan

Membuat rencana berikutnya setelah mengalami PHK dapat membuatmu kembali bersemangat.

Hidup jadi lebih berwarna dan tertata dengan planning yang dibuat. Kamu bisa berangan-angan menata karier kembali hingga meraih kesuksesan.

BACA JUGA: Tips Jitu Mengelola Keuangan Saat Pandemi COVID-19

Up to Date Info Terkini

Up to date terhadap info-info terkini sangatlah dibutuhkan, terlebih untukmu yang ingin membangun karier kembali.

Bacalah fakta dan isu terkini yang berkaitan dengan karier agar bisa mendapatkan peningkatan pengetahuan. Info lowongan kerja dan pelatihan juga bisa kamu telusuri.

Semangat sangat diperlukan dalam menjalani kehidupan. Semua kegiatan dapat berjalan lancar dan progresif apabila dikerjakan dengan penuh semangat.

Meskipun kamu pernah di-PHK, semangat tidak boleh luntur. Jangan biarkan semangatmu tergerus oleh keadaan.

Memulai Usaha

Mungkin langkah tepat atau bukan, yang jelas membuka usaha setelah di-PHK adalah sebuah jalan yang perlu diapresiasi.

Kamu harus  melihat kesempatan dalam kesempitan. Kamu bisa memanfaatkan masa isolasi ini untuk memulai bisnis online milik kamu sendiri.

Sudah cukup banyak contoh orang-orang sukses menjadi pengusaha yang awalnya mereka adalah seorang karyawan di perusahaan.

Jadi, siapapun kamu yang menjadi ‘korban’ PHK  bisa mencoba jadi pengusaha dengan mengembangkan bisnis sendiri.

BACA JUGA: Kenali Tanda Gangguan Mental yang Rentan pada Pria

Jadi Content Creator

Menjadi content creator seperti jadi youtuber, bisa menjadi profesi dengan pendapatan yang menjanjikan.

Dengan masa isolasi ini, kamu tentu akan memiliki banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk melahirkan berbagai ide kreatif yang bisa diolah menjadi sebuah content yang menarik.

Seperti membuat cover musik, dance, memasak dan memanfaatkan situasi saat ini kamu bisa buat sebuah konten video berisi berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan dirumah.

Jadi Freelancer

Pemasukan uang dari freelancer pun mungkin tidak sebanyak atau se-stabil pendapatan harian atau bulanan kamu biasanya. Tapi lebih baik ada walalupun sedikit daripada tidak sama sekali bukan?

Kamu bisa mencari berbagai lowongan freelancer di berbagai situs kerja freelance.

BACA JUGA: Aplikasi Anti Covid-19 Buat Bantu Kamu Bekerja dari Rumah 

Gunakan Uang Pesangon dengan Bijak dan Benar

Uang pesangon yang ada juga akan digunakan untuk biaya hidup sehari-hari sampai kamu mendapatkan pemasukan dari pekerjaan yang baru. So, pergunakan uang pesangon sebaik mungkin.

Tidak perlu meratapi keadaan karena itu tidak akan memperbaiki keadaan. PHK bukanlah akhir dari segalanya. (Sbg/Rig)

Comments