Sabigaju.com – Setiap tahun pada waktu bulan Ramadhan, sejumlah profesional perawatan bidang kesehatan di seluruh dunia melihat ratusan penduduk menderita kondisi yang hanya muncul di bulan itu – berupa kram perut dan perut kembung. Begitu merasakan lebih dari 14 jam berpuasa, Anda dapat tergoda untuk berbuka puasa dengan memanjakan diri Anda untuk menikmati makanan yang dapat merusak kesehatan Anda.

Sakit Perut Setelah Berbuka Puasa

Menurut Dr Hani Jaber, seorang konsultan kedokteran keluarga di Healthpoint Abu Dhabi, dua hingga tiga pasien per hari tahun lalu mengeluh sakit perut selepas berbuka puasa. Menurutnya, hal itu terjadi karena mereka terlalu banyak makan.

BACA JUGA: Wow! 5 Manfaat Puasa Ini Pasti Bikin Kamu Gak Mau Batal

Setiap tahun, dokter akan mengulang nasihat sama bagi para Muslim yang berpuasa: “Berbukalah dengan makan secara bertahap dan jangan berlebihan.”

Konsumsi Kurma, Sup dan Istirahat

Sebuah nasihat medis menyatakan bayangkanlah perut Anda sebagai mesin mobil yang sudah dimatikan dalam waktu yang lama. Ketika Anda menyalakannya kembali, Anda perlu memberi waktu untuk pemanasan sebelum melaju. Hal ini juga berlaku untuk sistem pencernaan. Ketika sudah lama tidak aktif, hindarilah untuk membebani pencernaan Anda dengan mengonsumsi makanan yang terlalu berat.

Cobalah mulai dengan mengonsumsi beberapa kurma serta beberapa sup. Kemudian, istirahatlah sejenak. Anda dapat melanjutkan dengan sholat sebelum kembali makan lebih banyak.

“Mulailah dengan mengonsumsi makanan kecil, sering dan bergizi selama berbuka. Hindari makanan berlemak, minuman berkarbonasi, jus dan sirup dan gula tinggi yang selalu disajikan selama Ramadhan.” menurut Lames El-Derbi, seorang ahli diet bariatrik.

Mengonsumsi sayuran dan buah juga sangat dianjurkan. Cobalah untuk memakan seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak sehat.

Hindari Makanan yang Terlalu Asin

Menurut El-Derbi, sebaiknya Anda dapat memakan oatmeal dengan susu rendah lemak, kacang, pisang maupun sandwich keju dengan roti utuh. Dengan demikian, setidaknya Anda akan memiliki banyak energi untuk memulai hari dan tidak merasa mual karena kelaparan.

BACA JUGA: Ini Cara Mudah Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

“Hindarilah memakan makanan asin, olahan dan kalengan. Selain itu, kurangilah jumlah asupan kafein Anda satu atau dua minggu sebelum Ramadhan,” jelas El-Derbi.

Selain itu, Dr Jaber juga mendesak mereka yang berpuasa untuk beristirahat sejenak dari gym maupun olahraga yang berat. (Sbg/Van)

Comments