Pemerintah indonesia tak hanya memberikan bonus kepada para atlit yang berhasil meraih medali namun para atlit yang gagal mendapatkan mendali juga mendapatkan bonus. (Foto Instagram jokowi)
Pemerintah Indonesia tak hanya memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil meraih medali namun para atlit yang gagal mendapatkan mendali juga mendapatkan bonus. (Foto Instagram jokowi)

Sabigaju.com – Presiden Jokowi memberikan bonus yang dijanjikan kepada 199 atlet yang berhasil menyumbangkan seluruh medali di ajang Asian Games 2018 di Istana Negara pada Minggu (2/9) WIB.

Kontingen Indonesia berhasil meraih 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga sepanjang gelaran Asian Games 2018 yang dihelat di Jakarta dan Palembang.

Pemberian bonus dari pemerintah yang terbilang sangat cepat itu bahkan mendapat pujian dari para peraih medali lantaran bonus yang dijanjikan cair sebelum penutupan Asian Games 2018 berlangsung.

Besaran Bonus

Adapun nilai bonus yang diberikan kepada atlet yang berhasil menyabet medali Asian Games 2018 adalah sebesar Rp 1,5 miliar.

Sedangkan bagi yang berpasangan atau ganda, mendapatkan Rp 1 miliar per orang dan Rp 750 juta per orang untuk beregu.

Sementara, bagi peraih medali perak untuk tunggal putra dan putri mendapatkan Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta, dan beregu Rp 300 juta per orang. Sedangkan perebut medali perunggu, dihadiahi Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp150 juta per atlet.

Atlet yang Gagal Juga dapat Bonus dari Pemerintah

Pemerintah juga memberikan bonus kepada para atlet yang gagal mendapatkan medali di Asian Games 2018. Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat mengapresiasi setiap tetesan keringat serta kerja keras mereka yang berjuang hingga akhir pertandingan.

View this post on Instagram

Presiden Joko Widodo pada Minggu pagi, 2 September 2018, bertemu dengan para atlet peraih medali di Asian Games 2018. Pertemuan berlangsung di Istana Negara, Jakarta. . Saat mengawali sambutannya, Kepala Negara sempat berkelakar bahwa dirinya masih ingin perhelatan Asian Games 2018 terus berlangsung di Jakarta dan Palembang. Sore nanti, penutupan resmi ajang olahraga tertinggi se-Asia itu akan dilaksanakan. . "Saya ingin naik motor lagi dan terbang ke udara. Saya ingin ada tambahan 31 medali emas lagi. Saya juga ingin terus melihat Merah Putih dikibarkan dan lagu Indonesia Raya terus dikumandangkan," ujarnya yang langsung disambut tawa dan tepuk tangan para atlet yang hadir. . Dalam kesempatan tersebut, para atlet langsung menerima bonus raihan medali sebagai wujud apresiasi dari pemerintah atas prestasi yang ditorehkan anak bangsa. Tak seperti biasanya, bonus atlet yang diterima ini langsung dapat diterima para atlet bahkan sebelum penutupan ajang Asian Games dilakukan. Penyerahannya pun juga dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. . 📷 BPMI – Setpres

A post shared by Kemensetneg.RI (@kemensetneg.ri) on

Meski demikian, besaran bonus yang diterima para atlet yang gagal mendapatkan medali jumlahnya berbeda dengan mereka yang telah berhasil menyumbang medali. Para atlet masing-masing menerima Rp 20 juta.

Satu lagi yang tak kalah mengejutkan dari pemberian bonus kepada para Kontingen Indonesia yang telah berjuang di Asian Games 2018. Semua bonus yang telah diterima tanpa dikenakan pajak sedikit pun. Sebab, pajak sudah dibayarkan pemerintah.

Pelatih juga dapat Bonus

Tidak hanya para atlet yang berhasil maupun atlet yang gagal mendapatkan medali di Asian Games 2018 mendapatkan bonus dari pemerintah, para pelatih dan asisten pelatih juga turut mendapatkan bonus dari Jokowi.

Namun, untuk pelatih yang atletnya mendapat medali di Asian Games 2018, besaran bonus yang didapat berbeda-beda. Misalnya untuk pelatih dari kategori perorangan atau ganda yang atletnya menyumbangkan emas di Asian Games 2018, mendapat Rp 450 juta.

Sedangkan pelatih yang atletnya meraih medali perak mendapat Rp 150 juta. Untuk pelatih yang atletnya mendapat medali perunggu mendapat Rp 75 juta.

Bonus untuk pelatih dari kategori beregu yang atletnya berhasil membawa pulang medali juga mendapat apresiasi. Jika anak didiknya menyabet emas mendapat Rp 600 juta, perak Rp 200 juta, dan perunggu mendapat Rp 100 juta. (Sbg/Rig)

Comments