Sabigaju.com – Musim panas panas telah tiba. Bagi kebanyakan orang hal ini mungkin menyenangkan untuk bersenang- senang, namun, ketika malam tiba ternyata ada begitu banyak manusia yang mengalami susah tidur lantaran saat udara terlalu panas.

Suhu ideal untuk tidur antara 16-21 derajat Celcius. Temperatur udara yang tinggi akan membuat kita sulit tidur. Untuk itu penting bagi kita untuk menyiapkan dan mengkondisikan lingkungan tidur serta melakukan penyesuaian untuk menyingkirkan udara panas saat malam hari.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips dari Sabigaju yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi susah tidur lantaran udara panas dimalam hari.

BACA JUGA: Sulit Tidur Karena Pikiran Penuh? Begini Cara Mengatasinya

1. Mandi Sebelum Tidur

Mandi menggunakan air dingin tepat sebelum tidur akan menurunkan suhu tubuh dan menghindari perasaan lengket ketika udara terlalu panas.

2. Membuka tirai atau jendela kamar

Suhu ruangan yang tetap rendah akan menjadikan tidurmu lebih nyaman. Menjaga sirkulasi udara adalah kunci untuk tetap merasa sejuk meski cuaca panas. Saat udara panas dan membuat anda susah tidur kamu bisa membuka jendela pada malam hari untuk menjaga aliran udara.

Jika udaranya tetap terasa panas, kita bisa untuk buat membuka jendela di ruangan yang berbeda dan membiarkan pintu terbuka.

3. Nyalakan Kipas Angin

Saat kamu mengalami susah tidur  lantaran panasnya udara di malam hari, kamu bisa menggunakan kipas angin. Tapi, jangan mengarahkan kipas angin langsung ke wajah, lah posisi kipas di dekat kaki untuk membantu sirkulasi udara dingin, tanpa menyebabkan otot leher tegang karena angin.

Kita juga bisa menciptakan sendiri udara yang nyaman dengan menempatkan semangkuk es di depan kipas angin.

4. Kurangi protein

Seorang sleep expert, Dave Gibson menyarankan untuk tidak banyak mengonsumsi terlalu banyak protein sebelum tidur. Dikutip dari The Independent, protein dapat membuat tubuh panas akibat metabolisme yang meningkat.

Konsumsi makanan pedas justru disarankan, paling tidak tiga jam sebelum tidur. Makanan pedas membuat tubuh berkeringat sehingga melepas panas dan suhu tubuh turun.

BACA JUGA: Olahraga Ringan Sesaat Setelah Bangun Tidur Agar Segar

5. Matikan peralatan elektronik

Salah satu alasan suhu ruangan yang tinggi yang membuat kita susah tidur adalah penggunaan peralatan elektronik. Lampu yang menyala secara tidak sadar melepas panas. Oleh karenanya, sebaiknya matikan peralatan elektronik saat tidur.

6. Minum

Minum air merupakan salah satu cara ampuh untuk menurunkan suhu tubuh. Namun tak disarankan untuk minum terlalu banyak jelang tidur. Perbanyak minum saat pagi hingga siang.

Jelang tidur, maksimal setengah liter air cukup untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, tak akan membuat orang harus bangun tengah malam karena ingin buang air kecil. (Sbg/Rig)

Comments