Wisata Kota
(Sumber Foto: Instagram absolut.sergey)

Sabigaju.com – Meski urusan keindahan alam sangat minimalis wisata kota begitu memikat wisatawan.

Bangunan bersejarah, tata kota yang apik dan tertib maupun fasilitas publik yang memadai menjadi daya tarik tersendiri bagi turis ataupun traveller untuk melakukan wisata kota.

Nah sayangnya saat kamu melakukan wisata kota, Kenyamanan untuk malah tidak ditemukan. Saat tiba di tujuan kamu malah merasakan sumpek dan tegang lantaran membanjirnya turis dan pelancong.

Berikut beberapa destinasi wisata kota yang sebaiknya kamu hindari jika kamu menginginkan kenyamanan.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Nan Memesona di Ibu Kota Baru Indonesia 

Amsterdam

Dalam kajian indeks tujuan wisata tahun 2030 yang disusun Dewan Pariwisata dan Perjalanan Dunia (WTTC) dan perusahaan properti JLL, Amsterdam menempati urutan teratas dalam segi konsentrasi pengunjung dan ketegangan pada kota.

Sebanyak 18 juta pengunjung tahun lalu datang ke kota di Negeri Belanda yang berpopulasi kurang dari 1 juta orang ini.Kebayang kan sumpeknya kota ini.

Wisata Kota
(Sumber Foto:Alamy/theguardian.com)

Pelancong di Amsterdam juga berkontribusi terhadap lalu lintas yang sesak dan berbagai masalah yang muncul akibat longgarnya peraturan terkait obat-obatan terlarang di sana.

Saking padatnya turis, penduduk Amsterdam yang tidak senang dengan hal-hal itu memberi julukan kota ini sebagai sebuah simbol kota yang dikuasai wisatawan.

BACA JUGA: Waktu Pas Buat Jajal Wisata Halal 

San Francisco

Kota yang berada di pesisir California ini selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama karena Jembatan Golden Gate dan Fisherman’s Wharf-nya yang ikonik.

Namun demikian, kamu harus berpikir ulang jika memilih daerah ini sebagai destinasi wisata kota Soalnya dalam indeks tujuan wisata tahun 2030 yang disusun Dewan Pariwisata dan Perjalanan Dunia (WTTC) dan perusahaan properti JLL,kota ini berada dalam batas tertinggi untuk  kategori ‘ketegangan pada kota’.

Ledakan teknologi di kawasan Silicon Valley menambah ketegangan pada sumber daya kota, bahkan ketika jumlah wisatawan terus bertambah.

Wisata Kota
(Sumber Foto: Mike Koozmin/sfexaminer.com)

Belum lagi kawasan Lombard Street, yang kini dibanjiri turis lantaran memiliki ‘jalan paling meliuk-liuk di dunia’ membuat begitu banyak turis berhenti untuk sekeder berfoto narsis di bagian bawah jalan tanpa memperhatikan arus mobil yang datang ke arah mereka.

Dan hal yang cukup memprihatinkan juga terjadi di Alamo Square Park yang berada di pusat kota San Fransisco. Kawasan yang dipenuhi sederet rumah berarsitektur gaya Victoria atau Edwardian yang dikenal dengan istilah ‘Painted Ladies’.

Rumah-rumah dengan warna beragam yang dibangun dari dekade 1890-an itu terkenal sebagai latar belakang serial komedi situasi, Full House.

Kamu bakal menemui pemandangan dimananpara turis seenaknya berjalan di teras depan rumah penduduk setempat lalu menggelar sesi potret keluarga tanpa berpikir kalau ada orang tidak tinggal di sana. Kebanyakan turis mengira rumah-rumah tersebut adalah set untuk pertunjukan.

BACA JUGA: Destinasi Wisata di Eropa Khusus Pecinta Sepak Bola! 

Praha

Wisata Kota
(Sumber Foto: Mark Baker/markbakerprague.com)

Destinasi lain yang juga perlu kamu pertimbangkan untuk dihindari saat kamu ingin melakukan wisata kota adalah Praha.

Kota ini duduk di peringkat tertinggi untuk ketegangan kota dan kepadatan lalu lintas turis.

Sebagai catatan ibukota Republik Ceko yang berpenduduk 1,3 juta orang ini mencatat rekor 7,9 juta pengunjung tahun 2018 lalu.

Sebagian besar wisatawan tidak pernah meninggalkan daerah Prague 1 yang belakangan memicu efek negatif bagi komunitas lokal.

Distrik itu terkenal karena berisi Kota Tua, Mala Strana (The Lesser Quarter) dan area kastil.

BACA JUGA: Kota Tua, Destinasi Favorit Warga Jakarta

Barcelona

Wisata Kota
(Sumber Foto: AP Photo/Manu Fernandez)

Punya Mimpi menelusuri Kota Barcelona dengan nyaman? Yup Itu Hanya mimpi.

Kamu bakal merasa sumpek lantaran  di Kota ini wisatawan jauh melebihi jumlah penduduk lokal

Tahun lalu kota ini mendapat kunjungan  lebih dari 30 juta pengunjung. Sementarajumlah penduduk kota ini hanya  1,6 juta orang.

Kenyamanan wisata kota sulit kamu dapatkan saat mencoba transportasi umum di kota ini.

BACA JUGA: 

Banyak Wisatawan yang kurang menghargai penduduk lokal. Mereka cenderung ingin lebih dahulu menumpang minibus yang biasa dinaiki warga lokal untuk pulang ke rumah.

Selain itu pemandangan rombongan turis dalam jumlah besar kerap memenuhi antrean  tiket kereta bawah tanah.

Dan hal yang menjengkelkan adalah pemandangan saat turis membuang sampah di jalan atau  mabuk pada malam hari dan muntah di sekitar pemukiman warga lokal.

Persoalan lain adalah kebiasaan turis yang merasa tidak apa-apa untuk berkeliaran telanjang tanpa pakaian di tempat umum.

Gimana? Masih mau wisata kota ke Barcelona? (Sbg/Rig)

Comments