Mencegah Perselingkuhan
(Sumber Foto: Via psychlopaedia.org)

Sabigaju.com – Jika dahulu selingkuh begitu sulit dilakukan dan biasanya dilakukan dengan bertemu diam-diam, kini mencegah perselingkuhan bisa dibilang makin sulit dilakukan.

Apalagi kecanggihan teknologi bisa dibilang orang dapat melakukan lebih mudah dan lebih fleksibel.

Tengok saja tren micro cheating alias perselingkuhan yang dilakukan lewat berkirim video, foto, suara hingga texting lewat smartphone yang begitu menggila saat ini.

Lantas timbul pertanyaan apakah bisa mencegah perselingkuhan. Bisa dan Harus mestinya jadi jawaban tapi simak dulu ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Melakukan Perselingkuhan di Era Digital, Kenali Micro Cheating

Sulitnya Mencegah Perselingkuhan

Mencegah perselingkuhan sepertinya adalah tantangan serius untuk dilakukan setiap pasangan saat ini.

Menurut psikoterapis dan penulis buku Fragile Power: Why Having Everything Is Never Enough., Paul Hokemeyer, cara terbaik untuk menghindari hubungan yang diwarnai perselingkuhan adalah menghindar dari orang yang berpotensi melakukan perbuatan tersebut.

Hal itu dapat dilakukan dengan mencari dan mengenali tanda-tanda “peringatan” sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan lebih jauh dengan seseorang.

“Seks bukan alasan utama bagi seseorang untuk melakukan perselingkuhan, Dan alasan utama orang melakukan hal itu adalah lantaran ada kekurangan dalam hidup mereka dan khususnya, dalam ego mereka. Mereka merasa tidak lengkap,” kata Hokemeyer

Dia menambahkan,mengapa seseorang yang jatuh cinta dengan pasangannya lantas berselingkuh dengan orang lain? Hal itu seperti lantaran begitu banyak keputusan yang buruk, pilihannya seringkali didasarkan pada rasa takut.

“Mereka mungkin takut ataupun tidak layak mendapat cinta, hingga mereka kehilangan daya tarik seks mereka. Singkatnya, mereka merasa tidak terlihat dan tidak dapat menemukan cukup validasi di hubungan mereka.” Tegas Hokemeyer

BACA JUGA: Kisah dan Alasan Dibalik Terjadinya Perselingkuhan

Seks Sehat Sebagai Cara Mencegah Perselingkuhan

Menurut Caroline Madden, -terapis pernikahan khusus masalah perselingkuhan dan penulis buku Blindsided By His Betrayal, memberi peringatan jika hubungan sudah bergulir dalam rumah tangga,. Madden menyarankan untuk memperkuat pernikahan dengan kehidupan seks yang sehat.

Ini berarti pernikahan sebaiknya  diwarnai dengan kehidupan seks yang saling memuaskan untuk kedua pihak berdua. Kondisi ini bisa sangat membantu.

“Tak ada langkah apa pun yang dapat dilakukan oleh siapa pun untuk menjadikan dirinya bebas atau tahan dari perselingkuhan. Tapi berhubungan seks secara teratur dengan pasangan adalah benteng pertahanan pertama yang bagus untuk luput dari perselingkuhan,” papar Madden.

BACA JUGA: Bukan Cuma Body dan Hati Kenali Perselingkuhan Finansial 

Kendati demikian, kata Madden, saran ini tidak berlaku bagi mereka yang memang mengidap gejala narsisis dan juga para pecandu seks.

Nah, jika kamu mengetahui bahwa pasanganmu melakukan perselingkuhan  dan dia ingin menyudahinya, serta memperbaiki hubungan- maka hanya kamu yang bisa memutuskan.

Apakah kamu ingin memperbaiki hubungan, atau menyudahinya. Mendalami dan melihat seberapa sehat hubungan yang berjalan, diwarnai dengan memperbanyak komunikasi atau hal-hal signifikan lainnya, adalah langkah yang positif.

Intinya untuk mencegah perselingkuhan sebaiknya jangan melakukan apa pun yang kamu tidak ingin pasangan lakukan. (Sbg/Rig)

Comments