sulit tidur

Sabigaju.com – Ada banyak hal yang mungkin menyebabkan Anda sulit tidur. Bisa jadi Anda mengonsumsi kafein terlalu banyak pada sore hari, mungkin sedang terlalu banyak pikiran, atau terlalu lama menantap layar monitor dan mata pun kurang istirahat.

Menurut James Findley, clinical director of Behavioral Sleep Medicine Program at the University Pennsylvania Perelman School of Medicine, hasil laporan menunjukkan bahwa orang dengan kelelahan fisik, tetapi kesulitan untuk menghentikan pikirannya terutama saat mengkhawatirkan sesuatu adalah hal yang umum terjadi.

Sementara itu, menghentikan pikiran yang sedang aktif-aktifnya juga sulit. Tapi, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia tersebut. Dilansir dari Time.com, berikut ini kesembilan hal yang dimaksud:

1. Membuat To Do List

Saat terjaga hingga larut malam, Anda tidak berarti menyia-nyiakan waktu. Pasalnya, ada hal positif yang tetap bisa Anda lakukan. Salah satu contohnya adalah membuat to do list. Anda bisa menuliskan rencana besar atau kecil. Atau mungkin menyusun to do list liburan. Namun kalau bingung, coba catat list kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan esok hari. Selain membuat Anda menyusun prioritas, bisa jadi hal ini mengatasi insomnia Anda di kemudian hari.

2. Tinggalkan Tempat Tidur

Berbaring di atas kasur dan memaksa diri untuk terlelap justru tidak disarankan oleh Dr. Cormac O’Donovan, associate professor of neurology at Wake Forest Baptist Medical Center. Menurutnya, hal itu justru bisa membuat pikiran Anda mengasosiasikan kamar tidur dengan insomnia. Oleh karena itu, tinggalkan tempat tidur sejenak dan lakukan aktivitas yang memungkinkan baru kemudian kembali ke kamar untuk mencoba tidur kembali.

3. Membaca Buku yang Kurang Menarik

Karena aktivitas yang berhubungan dengan layar sebaiknya dikurangi, maka ganti dengan melakukan hal lain untuk membuat pikiran berganti fokus. Salah satu contohnya adalah ganti dengan aktivitas membaca buku dengan topik yang kurang menarik. Aktivitas ini justru bisa memicu kantuk dan membuatmu cepat terlelap.

4. Mendengarkan Podcast atau Audiobook

Strateginya sama dengan poin sebelum ini. Intinya, mendengarkan podcast atau audiobook bertujuan untuk mengalihkan fokus pikiran kita. Jangan lupa pilih topik yang kurang menarik sehingga Anda enggan untuk menyikmanya lama-lama dan lebih tertarik untuk cepat terlelap.

5. Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Seperti dibahas di awal, salah satu penyebab mata sulit terlelap adalah pikiran yang memikirkan ini dan itu. Aktivitas tersebut bisa memicu ketegangan sehingga pikiran semakin sulit untuk dijinakkan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mendengarkan musik yang menenangkan. Anda bisa mendengarkan musik alam yang menggambarkan suasana pantai atau gemericik air dan kicauan burung. Kalau Anda mengalami insomnia, coba lakukan hal ini!

6. Lakukan Latihan Pernapasan

Cara lain untuk menenangkan pikiran Anda adalah dengan melakukan latihan pernapasan yang sederhana. Pernapasan yang dalam dan lambat bisa memperlambat detak jantung sehingga bermanfaat menurunkan kecemasan pikiran Anda. Seorang spesialis tidur, Michael Breus berbagi cara untuk latihan pernapasan agar bisa Anda coba di rumah.

Caranya mudah, cukup dengan letakkan satu tangan di dada dan satu lainnya di perut Anda, tarik napas melalui hidung selama sekitar dua detik, rasakan perut berkembang, lalu dorong perut dengan lembut saat Anda menghembuskannya. Lakukan teknik ini beberapa kali.

7. Mencoba Bermeditasi

Meditasi menjadi salah satu cara untuk memudahkan Anda terlelap. Meditasi akan membuat Anda fokus pada hal-hal selain yang sedang Anda cemaskan. Pada proses ini Anda juga disarankan untuk mengaktifkan alam imajinasi sehingga Anda pun terlupa sejenak dari hal-hal yang sempat dicemaskan.

8. Konsumsi Snack dengan Karbohidrat Ringan

Mengonsumsi makanan atau cemilan dalam porsi besar sebelum tidur bisa memperlambat proses pencernaan dan mengganggu tidur. Sementara mengonsumsi makanan tinggi gula justru bisa memicu Anda untuk terjaga lebih lama. Namun, mengonsumsi makanan atau camilan dengan kandungan karbohidrat ringan justru bermanfaat untuk Anda yang kesulitan tidur. Misalnya, makan popcorn dalam porsi kecil atau wholegrain crackers. Nah, cara ini bisa Anda coba bisa sulit tidur!

9. Mengunduh Aplikasi Berbasis Pengetahuan

Menatap layar smartphone sebelum tidur memang bukan hal yang disarankan oleh dokter, tetapi smartphone bisa membantu Anda mengatasi masalah insomnia. Misalnya, Anda bisa menyiapkan musik-musik penghantar tidur, video tutorial bermeditasi, hingga mengunduh aplikasi khusus yang bisa membantu Anda cepat tidur. See, smartphone tidak selalu buruk untuk Anda yang mengalami insomnia.

Sembilan hal tersebut bisa segera Anda terapkan untuk mengatasi masalah sulit tidur yang disebabkan oleh pikiran  cemas, stres, atau pikiran yang berlebihan. Bila salah satu atau beberapa cara di atas bisa mengatasi insomnia Anda, maka Anda tidak perlu lagi meminta bantuan dokter untuk mengatasi sulit tidur yang Anda alami. Namun sebaliknya, bila Anda sudah mencoba cara-cara tersebut dan tetap sulit mengatasi kebiasaan sulit tidur yang Anda alami, mungkin sebaiknya Anda berkonsultasi pada ahlinya! (Sbg/Er)

Comments