Sabigaju.com – Akhir-akhir ini, ada tren yang bisa diikuti oleh Sobat Sabi yang senang tanaman tapi tidak suka mengurusnya: keeping a succulent. Succulent atau sukulen dalam bahasa Indonesia adalah tanaman yang menyimpan air di daunnya, seperti kaktus & asparagus.

Why should you keep one? Karena sukulen sangat low-maintenance. Sobat Sabi tidak harus menyiram terlalu sering, memberi pupuk, atau menjemur terlalu sering. Sukulen sangat bagus untuk diletakkan di meja kantor atau di dalam apartemen. It’s also very colorful and very symmetrical, so it’s theraupetic in a way.

Sukulen juga bisa membuat lingkungan sekitarnya lebih sehat. Seperti semua tanaman, sukulen melepas oksigen di siang hari tapi melepas karbon dioksida di malam hari. Beberapa jenis sukulen juga bisa membersihkan udara dan membuat udara kering menjadi lebih lembap.

Merawat Sukulen





Pada dasarnya merawat sukulen susah-susah gampang, kebanyakan air dapat mengakibatkan busuk namun apabila kekurangan air maka sukulen akan menjadi kering dan keriput.

Pada umumnya sukulen membutuhkan sinar matahari sekitar 6 jam sehari, namun bukan berarti sukulen bisa ditempatkan di area yang terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya tanaman ini ditempatkan di area yang terang namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman sukulen, photo : pinterest
Tanaman sukulen, photo : pinterest

Pilih media dan wadah tanam yang tepat. Campuran sekam, kompos dan pasir/kerikil merupakan kombinasi yang tepat untuk jenis tanaman ini. Selain itu, pilih wadah tanam/ pot yang memiliki lubang sebagai drainase agar air tidak menggenang. Penyiraman media tanam bisa dilakukan seminggu sekali dan penyemprotan seminggu dua kali.

Manfaat Tanaman Sukulen

Tanaman sukulen yang dikenal membawa hasil positif untuk kekayaan dan kesejahteraan. Tanaman berukuran sedang ini tampak cantik di berbagai tempat, tapi untuk tujuan feng shui, tanaman sukulen paling cocok diletakkan di kantor rumah karena kecenderungannya untuk menarik uang dan bisnis. Biasanya ditempatkan di pintu masuk untuk menyambut kesuksesan bagi pemilik rumah.

sukulen di kantor, photo : the horticult
sukulen di kantor, photo : the horticult

Sukulen juga dipercaya dapat membersihkan udara dan juga sebagai anti radiasi, dan luar biasanya di malam hari tanaman ini dapat menghasilkan oksigen sehingga dapat menjadi teman tidur yang baik untuk sobat sabi yang masih jomblo. Ooopppsss! (Sbg/Frd)

Comments