Kartunis asal Jepang Onan Hiroshi (Foto: Facebook Onan Hiroshi)
Kartunis asal Jepang Onan Hiroshi (Foto: Facebook Onan Hiroshi)

Sabigaju.com – Kartunis kenamaan asal Jepang, Onan Hiroshi, yang sempat menyindir Presiden Jokowi dan beberapa hal tentang Indonesia lewat gambar komiknya, mengutarakan permintaan maaf.

Lewat Twitternya @hiroshionan, kartunis Jepang itu juga menyatakan maaf dengan sujud bersimpuh hingga menjadi viral di dunia maya beberapa waktu terakhir.

“I,m sorry. Beggar is over excessive demands. I was heat up. but now cooldown,” tulis Hiroshi lewat akun Twitternya @hiroshionan

Permohonan Maaf Kepada Jokowi

Onan Hiroshi juga secara khusus menyatakan permohonan maaf kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia. Ia mengaku menyesal dan akan menarik karyanya.

“Mr, president JOKOWI and Indonesian everyone, and Indonesia gov I’m Really sorry. I am shame. I take back picture, I’m sorry,” tulis Onan Hiroshi.

Tulisan pernyataan maaf itu turut disertai dengan sebuah foto pria yang sujud meminta maaf ala tradisi Jepang. Tak jelas apakah pria tersebut Hiroshi atau bukan.

Onan Hirohi Sindir Presiden Jokowi Mengemis

Komik digital Onan Hiroshi yang mdianggap menghina Presiden Jokowi (Sumber Twitter @Hiroshionan)
Komik digital karya Onan Hiroshi yang dianggap menghina Presiden Jokowi. (Sumber: Twitter @Hiroshionan)

Onan Hiroshi mengaku sangat menyesal dan akan menarik kembali postingannya terkait sindiran ke Jokowi soal proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung.

Dalam komik digital tersebut selain nampak Presiden Joko Widodo juga hadir sosok Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Komik tersebut membuat banyak warganet yang geram lantaran dinilai sebagai penghinaan terhadap Presiden Jokowi.

Digambarkan oleh Hiroshi, sosok ‘Presiden Jokowi’ mengemis bahkan sampai berlutut pada pemerintah Jepang meminta bantuan soal kereta cepat. Hiroshi juga menggambarkan masyarakat Jepang yang marah sampai melempari batu Indonesia yang mengemis.

Onan Hiroshi Kerap Sindir Indonesia

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Hiroshi mengunggah beberapa kartun tematik karyanya yang menceritakan secara pendek tentang sejumlah hal di Indonesia. Seperti, isu transgender di Aceh beberapa waktu lalu.

Dalam karikaturnya yang disebar lewat kicauan di akun Twitter @hiroshionan, terlihat foto unjuk rasa remaja yang menolak perilaku LGBT di bilangan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

(Sumber: Twitter @hiroshionan)
(Sumber: Twitter @hiroshionan)

Onan Hiroshi menyamakan penolakan terhadap LGBT itu dengan aksi kelompok Ku Klux Klan (KKK). KKK untuk diketahui merupakan gerakan di Amerika Serikat yang mengagungkan supremasi kulit putih dan menolak kaum kulit hitam.

Salah satu komik tampak mengilustrasikan bagaimana seorang bocah berkopiah dan berseragam Sekolah Dasar membeli sebuah kereta murah yang dalam waktu singkat rusak. Ilustrasi itu seakan menyindir proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang tengah dibangun oleh pemerintah saat ini. (Sbg/Rig)

Comments