Gaya Hidup Hygiene
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Gaes, jika kamu merupakan pekerja kantoran maka sangat penting untuk memiliki gaya hidup Higienis. Soalnya  kamu tuh menghabiskan waktu lebih banyak di kantor dibandingkan di rumah.

Nah, tentunya  kantor  berisi banyak orang dengan berbagai latar belakang dan kebiasaan yang tentunya berbeda-beda. Lantaran itu pula , kemungkinan untuk terserang penyakit menjadi lebih besar.

Berikut adalah beberapa contoh gaya hidup higienis sederhana  untuk mencegah serangan virus ataupun penyakit saat bekerja di kantor.

BACA JUGA: Sederet Aplikasi Gaya Hidup Sehat Buat di Smartphonemu 

1. Jarang Membersihkan Keyboard Komputer

Partikel kotoran dan debu serta sisa-sisa makanan dapat dengan mudah terjebak di antara celah tombol-tombol keyboard Anda. Untuk itu, pastikan Anda selalu rajin membersihkannya.

Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan sikat atau dengan membalikan keyboard.

Selain itu, pilihan lainnya ialah menggunakan kaleng udara bertekanan tinggi untuk membersihkan keyboard komputer secara menyeluruh.

2. Lupa Mencuci Gelas Minum

Ingat nih gaes, bakteri dapat tumbuh subur dalam air, jadi sebaiknya cuci gelas atau cangkirmu dengan sabun dan air setelah digunakan. Untuk benar-benar membunuh kuman, gunakanlah air panas sebagai pembilasnya.

Juga, jangan lupa untuk mengeringkan spons pencuci di kantor dengan benar dan menggantinya sesering mungkin agar tetap higienis. Sebab, spons basah mengandung beberapa kuman penyebab penyakit serius.

BACA JUGA: Sederet Gaya Hidup yang Bisa Memicu Kondisi Depresi 

3. Sering Bawa Smartphone Ke Toilet

Membawa smartphone ke toilet berisiko menyebabkan dirimu lebih mudah terserang kuman seperti Salmonella dan E. coli yang ada di toilet. Yuk ubah kebiasaan ini dengan menerapkan gaya hidup higienis.

Jika membawa smartphone ke toilet, sebaiknya jangan meletakannya di atas tempat tisu atau permukaan lainnya. Sebaiknya, simpan ponsel di dalam saku atau tas.

4. Pergi Bekerja Ketika Sakit

Saat tubuhmu sedang sakit, secara otomatis sistem imun turun. Ketika sistem imun turun, kamu bisa dengan mudah terserang bakteri dan kuman dari orang lainnya.

Selain tidak baik untuk kesehatanmu, pergi ke kantor saat sakit pun bisa membuat rekan kerja lainnya kemungkinan tertular. Tentu Anda tidak ingin menjadi penyebar penyakit, bukan?

Untuk itu, sebaiknya tetaplah berada di rumah sampai kondisimu benar-benar pulih. Ini adalah salah satu cara sederhana menerapkan gaya hidup higienis.

5. Tidak Rutin Membersihkan Meja Kerja

Umumnya meja kantor rata-rata jauh lebih kotor daripada toilet. Sebab, toilet tentu lebih teratur di bersihkan dibanding meja.

Cobalah untuk membersihkan keyboard, telepon, dan mouse setidaknya seminggu sekali. Ideal adalah dua kali seminggu) dengan semprotan sanitasi atau tisu basah.

BACA JUGA: Menggosok Gigi Bikin Jantung Manusia Makin Sehat

6. Menempelkan Wajah ke Tangan

Sadar atau tidak,  kita sering  melakukan kebiasaan menyandarkan wajah di tangan di sela-sela bekerja.

Nah, tanpa disadari, Hal tersebut bisa menimbulkan jerawat dan menyebarkan bakteri dengan mudah.   Nah mulai dari sekarang sebaiknya  hentikan  kebiasaan ini yah gaes!

Yuk, jalani gaya hidup higienis dengan menerapkan pola hidup bersih agar kesehatan tubuhmu akan terjaga. Dan  kita tentunya setuju kalau Kebersihan merupakan sebagian dari iman. (Sbg/Rig)

Comments